Bagi Anda calon hotelier yang baru kuliah di Hotel Management atau SMK, atau bahkan yang mengambil jurusan bukan Perhotelan namun terpikir untuk bekerja di hotel, mungkin pemikiran paling umum yang terbersit pertama kali adalah karena melihat orang orang yang kerja di hotel itu memiliki penampilan yang rapi, wangi, sikap dan perilakunya ramah, tempat kerjanya atau hotel sebagai tempat bekerja sangat mewah, brand atau merek dari hotel itu sangat terkenal di dunia, bisa kerja di luar negeri, mendapat gaji yang wah dan lain sebagainya. Hal tersebut memang benar benar terjadi apabila kita memutuskan untuk bekerja di hotel. Artikel ini memberikan gambaran mengenai hal positif bila kita kerja di hotel, enaknya kerja di Hotel itu kaya apa ya? Ok then..here it goes!

Pendapatan

Apa bedanya pendapatan di Hotel dengan tempat lain? Pastinya karena di hotel kita tidak hanya mendapat gaji pokok saja, melainkan kita juga mendapatkan service charge, dan tips pastinya untuk beberapa departemen di hotel yang bertemu langsung dengan tamu (Front Office, Restaurant, Bar, Housekeeping). Termasuk juga meal allowance atau makan gratis satu kali dalam waktu bekerja kita. Lumayan kan? Bisa menghemat uang saku. Mengenai tips, hasilnya bisa berbeda, bukan hanya antar departemen saja, melainkan antar individu bisa berbeda, tergantung jenis tamu dan pelayanan yang kita berikan. Contoh: jika seorang tamu sangat terpuaskan pada saat makan di restoran tempat kita bekerja, atau pada saat menginap di hotel, tips yang tamu bisa berikan terkadang melampaui perkiraan kita, bisa berupa uang maupun barang. Kalo uang terkadang bisa melampaui gaji kita selama sebulan, bahkan malah mungkin jauh lebih mahal dari itu. Di luar dari itu, untuk sekedar memberikan gambaran saja, di hotel bintang lima Jakarta, jabatan paling bawah di Housekeeping Department yaitu Housekeeping Attendant yang tugasnya membersihkan kamar dan area Hotel, Gaji plus Service Charge di luar tip, bisa mendapatkan sekitar 4-5 juta rupiah/bulan. Lumayan kan?

Seragam

Jika di tempat kerja lain, mungkin tiap hari kita mengenakan baju yang berbeda beda, dan baju tersebut adalah baju kita sendiri yang harus kita siapkan dan kita cuci setelah digunakan. Di hotel, kita tidak perlu memikirkan hal itu, kenapa? Karena hotel menyediakan seragam yang khusus hanya digunakan oleh kita saja. Dan tidak perlu khawatir untuk mencuci setelah digunakan, karena hotel sudah menyediakan fasilitas laundry untuk mencuci seragam kita. Biasanya setiap karyawan hotel diberikan 3 set pakaian yang digunakan untuk bekerja.

Konsumen

Tamu yang datang ke hotel (bintang 5) pastinya bukan tamu yang nggak punya duit kan? Bayangin aja, untuk beli air mineral dalam kemasan saja tamu bisa dikenakan harga Rp.20.000,- tidak sembarang orang mau keluar uang segitu hanya untuk air mineral. Belum jenis tamu yang datang, selebriti baik nasional maupun internasional kalo datang ke satu Negara pasti pilihnya hotel yang mewah, artis artis luar kalo konser di Indonesia pasti milihnya hotel yang buat mereka nyaman untuk menginap. Nah, kebayang kan jika salah satu artis yang menginap di Hotel tempat kamu kerja itu ternyata idola kamu? Ga mesti repot repot kaya fans yang hanya bisa nunggu di lobby atau nunggu di luar Hotel hanya untuk melihat idola mereka. Kamu punya akses untuk bisa bertemu langsung dan bisa berbicara langsung dengan mereka. Dan jika diperbolehkan, berfoto bersama artis idola kamu.

Fasilitas Kesehatan

Pada umumnya di hotel sudah tersedia fasilitas klinik dengan dokternya, buka selama 24 jam. Disediakan untuk para karyawan Hotel yang mengalami cidera baik itu ringan maupun berat, dan apabila tergolong berat, biasanya hotel sudah memiliki kerjasama dengan rumah sakit tertentu, dan biaya ditanggung oleh hotel.

Fasilitas untuk Menginap di Brand Hotel yang sama

Untuk international chain hotel, kamu memiliki hak untuk menginap di hotel lain dan mendapatkan harga khusus atau malah bahkan gratis, tergantung dari grade atau level jabatan kamu di hotel tersebut. Contoh: jika kamu bekerja di Grand Hyatt Bali misalnya, kamu bisa menginap di Hyatt manapun di seluruh dunia dengan mendapatkan harga khusus.

Pelatihan

Tiap bulan training calendar di mading HRD penuh dengan jenis training baik itu internal maupun eksternal atau mendatangkan ahli dari luar hotel, training tersebut bisa kamu pilih sesuai dengan keinginan dan minat kamu untuk jenjang karir kamu ke depannya nanti. Ada juga training bahasa asing yang berguna buat kamu yang mau meningkatkan level bahasa kamu, who knows karena kamu mengikuti kursus Bahasa Jepang dan bagus, kamu malah dipindahkan posisinya dari waiter menjadi GRO atau Sales Marketing yang khusus menangani tamu Jepang. Enak kan?

Jenjang Karir

Jenjang karir sangat menjanjikan di hotel, dan tidak menutup kemungkinan untuk bekerja di luar Indonesia dalam satu brand yang sama. Syaratnya Cuma harus rajin belajar, banyak menyerap ilmu dari atasan, dan pastinya berprestasi.

Di luar hal tersebut diatas, masih banyak lagi hal hal positif lainnya yang bisa kamu dapat apabila kamu memilih untuk bekerja di Hotel, dan setiap orang memiliki pengalaman positif yang berbeda pada saat bekerja di Hotel. Semoga artikel ini bermanfaat. CHEERS!!