People Innovation Excellence
 

Agar Tidak Menangis Saat Mengiris Bawang

mengiris bawang (infodapur.com)

Mata perih hingga membuat menangis saat sedang mengiris bawang adalah hal yang biasa terjadi. Tapi, sebenarnya ada beberapa cara yang bisa kita lakukan agar tidak menangis saat mengiris bawang.

Makanan tanpa bawang rasanya kurang nikmat. Namun, mengiris bawang untuk memasak makanan favorit kadang terasa menyiksa. Mata perih, air mata pun bercucuran, akibat uap senyawa sulfur dalam bawang. Bagimana caranya agar tidak menangis saat mengiris bawang?

Masukkan dalam freezer/ rendam dalam air es.

Memasukan bawang ke dalam freezer selama 10-20 menit sebelum memotongnya, atau  merendam bawang dalam air es, dapat menurunkan kadar senyawa sulfur yang ada pada bawang.

Jangan memotong akarnya.

Akar bawang mempunyai konsentrasi senyawa sulfur paling tinggi, sehingga akan menyebabkan mata jadi perih apabila dipotong. Karena itu, potong bawang secara dadu seperti chef, agar tidak mengenai akarnya.

Nyalakan lilin.

Nyalakan lilin atau mengirislah di dekat kompor yang menyala. Panas dapat menjauhkan uap senyawa sulfur dari mata kita, sehingga rasa perih yang membuat kita sampai menangis saat mengiris bawang tidak akan terjadi.

Letakkan garam di dekat kita.

Meletakkan garam di dekat kita saat sedang memotong bawang juga bisa jadi cara mudah agar tidak menangis. Kok, garam? Ya, sebab garam bisa menjadi penetral uap senyawa sulfur sebelum mengenai mata kita.
Semprot talenan dengan air cuka.

Buat campuran air dan cuka dengan perbandingan 1:1. Masukkan ke dalam botol semprotan, lalu kocok-kocok hingga air dan cuka bercampur. Semprotkan campuran air dan cuka ke permukaan talenan, sebelum mulai mengiris bawang. Campuran air dan cuka ini akan mengikat senyawa sulfur. Tapi, jangan terlalu banyak menyemprotkannya, karena cuka bisa memengaruhi rasa bawang.

Basahi tangan.

Basahi tangan dengan air sebelum mulai mengiris abwang akan menyebabkan senyawa sulfur tidak langsung menguap dan membuat perih mata.

Kunyah permen karet.

Mengunyah permen karet ketika sedang mengiris bawang akan meminimalisir air  mata yang keluar. Sebab, otot wajah terutama di sekitar area mata, akan jadi teralihkan karena gerakan mengunyah permen karet.

Jaga arah mata angin.

Hindari angin yang mengarah ke tubuh (mata) kita pada saat mengiris bawang, agar uap senyawa sulfur yang memicu air mata terbang kea rah yang berlawanan.

Tusuk ujung pisau dengan bawang merah.

Tusukkan satu siung bawang merah utuh pada ujung pisau yang kita gunakan untuk mengiris bawang. Biarkan bawang utuh itu tetap di ujung pisau, hingga kita selesai mengiris. Tujuannya supaya uap senyawa sulfur yang keluar dari bawang yang kita iris, diserap kembali oleh bawang yang ada di ujung pisau.

Gunakan alat pengiris bawang.

Tips terakhir agar tidak menangis saat mengiris bawang adalah dengan menggunakan food processor atau pengiris bawang. Dijamin, urusan mengiris bawang akan beres dalam sekejap, dan mata aman!

 

FOTO: KITCHENDAILY.COM

 


Published at : Updated
Written By
Chef Trias
SCC (Culinary Art) | Binus University

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close