dagiing kambing (masterresep.com)

 

Daging kambing tak kalah lezatnya dengan daging sapi. Hanya saja, bau daging kambing kadang bikin kita malas untuk mengolahnya. Tapi, tenang saja! Ada beberapa cara menghilangkan bau daging kambing, kok. 

Masakan berbahan dasar daging kambing adalah salah satu ciri khas saat Lebaran Idul Adha. Pada hari itu, banyak keluarga yang merayakannya dengan membuat sate kambing ramai-ramai, juga membuat gulai kambing, sop kambing, tongseng kambing, dan berbagai menu kambing lainnya. Semua menu terasa lebih istimewa karena disantap bersama-sama seluruh anggota keluarga.

Namun, dibalik semua keceriaan tersebut, ada satu hal yang kerap mengganjal: bau daging kambing yang cukup menyengat. Setelah jadi masakan, baunya kadang masih menempel. Apalagi sebelum diolah, waaah…. Minta ampun, deh! Itu sebabnya, kadang kita jadi agak malas mengolah daging kambing.

Nah, supaya lebih nyaman mengolah dan menyantap daging kambing, berikut kami beri tahu beberapa cara menghilangkan bau daging kambing. Silahkan dicoba, ya.

Buang Lemak

Untuk mengurangi bau daging kambing, potong daging dengan arah yang benar, yaitu searah seratnya. Kemudian, buang lemaknya. Sumber bau yang utama pada daging kambing terletak di lemaknya.

Jeruk Nipis/ Daun Jeruk Limau

Sebelum diolah, siram daging kambing air perasan air jeruk nipis. Jika tidak ada jeruk nipis bisa diganti dengan daun jeruk limau yang sudah diremas-remas. Diamkan kira-kira 15 – 20 menit, bersihkan dan mulai mengolah daging kambing.
Daun Jambu Klutuk

Daun jambu klutuk juga memiliki kemampuan yang sama dengan daun jeruk limau, dalam mengilangkan bau daging kambing. Caranya, remas-remas daun jambu klutuk bersama daging, dan diamkan juga selama 15 – 20 menit.

Nanas

Parut nanas dan lumuri pada daging kambing kira-kira 10 – 15 menit. Nanas akan mengempukkan daging sekaligus menghilangkan baunya.

Daun Pepaya

Sebelum diolah menjadi berbagai menu, bungkus dulu daging kambing dengan daun pepaya, kira-kira 15 – 20 menit. Sama seperti nanas, daun pepaya juga akan mengempukkan daging sekaligus menghilangkan baunya.
Ketimun

Iris-iris ketimun, lalu remas daging kambing bersama dengan irisan ketimun tersebut selama 10 – 15 menit. Getah dari ketimun bisa membuat bau daging kambing benar-benar hilang.

Susu Cair

Kalau tidak terburu-buru untuk mengolah daging kambing, coba rendam dulu dengan susu cair semalaman. Rendaman susu ini akan menghilangkan bau daging kambing, sekaligus membuat dagingnya terasa lebih lezat dan lebih mudah diolah.

Yogurt

Di dalam yogurt terdapat banyak sekali mikroorganisme hidup. Nah, mikroorganisme itulah yang bisa menghilangkan kotoran dan bakteri pada daging kambing. Caranya, rendam daging kambing dengan yogurt sekitar 20 – 40 menit, baru kemudian dibilang dan diolah.

Lobak    

Lobak bisa membantu mengihilangkan bau daging kambing. Caranya, rebus daging kambing dengan potongan lobak secukupnya, setengah jam kemudian keluarkan lobaknya. Setelah itu baru mulai memasak daging kambing sesuai resep yang diinginkan.
Kacang Hijau

Ambil kacang hijau kira-kira 5 gram, masukkan ke dalam air rebusan daging kambing. Biarkan kurang-lebih 10 menit, lalu tiriskan dan buang kacang hijau tadi. Daging kambing siap diolah sesuai selera!
Jahe

Cincang halus atau memarkan jahe, kemudian campurkan pada daging yang akan diolah. Aroma jahe akan menutupi bau daging kambing. Akan lebih baik jika jahe ini sekalian dijadikan bumbu dalam masakan yang hendak dibuat.
Baking Powder

Kalau daging kambing ingin dibuat sate, rendam dulu dalam campuran bumbu yang sudah diberi sedikit baking powder. Baking powder bisa mengempukkan sekaligus mengurangi bau daging kambing.

FOTO: SPICETREKKERS.COM