Pada tanggal 26-30 Oktober 2015, saya mengikuti kegiatan pelatihan calon auditor yang diadakan di Hotel Gino Feruci Bogor. Kegiatan tersebut diikuti oleh berbagai kalangan, baik kalangan pengusaha restoran, kalangan yang bekerja sebagai professional di industry dan akademisi. Saya mewakili Binus University. Dari kalangan akademisi, selain Binus University ada dua kampus lagi yang mengirimkan perwakilannya yaitu dari STP Trisakti dan Universitas Indonesia.

Kegiatan yang berlangsung dalam 5 hari ini terbagi menjadi beberapa sesi. Hari pertama dan kedua dipandu oleh pihak dari Kementerian. Mereka memberikan informasi mengenai peraturan pemerintah, peraturan menteri dan hal hal yang berhubungan dengan alasan mengenai sertifikasi bidang usaha. Hari ketiga diisi oleh LSP atau Lembaga Sertifikasi Profesi yang mengajarkan mengenai teknik audit yang baik dan benar.

Hari keempat kami melakukan simulasi live audit. Restoran yang dipilihkan oleh Kementerian pariwisata adalah Cimory yang terletak di Puncak. Kegiatan live audit ini dilakukan secara berkelompok dan hasil dari live audit ini dipresentasikan dikelas. Hari kelima atau hari terakhir, saya melakukan ujian tertulis.

IMG-20151027-WA0008IMG-20151028-WA0022