Hotel Management Universitas Bina Nusantara ikut berpartisipasi dalam HOSPITOUR 2016 INSIGHT yang diselenggarakan oleh Sekolah Tinggi Pariwisata Pelita Harapan (STTPH). Acara ini berlangsung pada 21-23 Maret 2016 dan bertempat di STTPH Karawaci, Tangerang.

Elvi Lidyana yang menjadi wakil dari tim pertama Hotel Management Universitas Bina Nusantara berhasil meraih Juara II dalam Speech Competition HOSPITOUR 2016 INSIGHT

Elvi Lidyana dari tim pertama HM BINUS meraih Juara II Speech Competition HOSPITOUR 2016

HOSPITOUR merupakan acara tahunan terbesar yang diselenggarakan oleh STTPH yang selalu mengangkat tema berbeda. Di tahun 2016 ini HOSPITOUR mengangkat tema INSIGHT yang merupakan singkatan dari kata Improve Nature, Sustain & Innovate Green Hospitality and Tourism. HOSPITOUR 2016 INSIGHT mempunyai berbagai macam kompetisi di bidang Tourism dan Hospitality, antara lain Making Bed & Towel Art Competition, Table Set-Up Competition, Pastry Competition, Cooking Competition, Mixing Drink Competition, Front Office Competition, Speech Competition, Guding Competition, Tour Package Competition dan Futsal Competition

Hotel Management Universitas Bina Nusantara mengirimkan mahasiswa-mahasiswi untuk mengikuti berbagai kompetisi yang diselenggarakan dalam HOSPITOUR 2016 INSIGHT. Salah satu kompetisi yang diikuti adalah Speech Competition, yang diwakili oleh dua tim. Setiap tim terdiri dari satu peserta. Tim pertama diwakili mahasiswi Hotel Management yaitu Elvi Lidyana. Tim kedua diwakili mahasiswi Tourism Management yaitu Karina Astari

Karina Astari sebagai tim kedua dari BINUS saat membawakan speech
Karina Astari sebagai tim kedua dari BINUS saat membawakan speech

Speech Competition adalah lomba berpidato dalam bahasa inggris, dengan menilai isi pidato serta cara penyampaiannya. Tema besar yang diusung adalah INSIGHT “Improve Nature, Sustain & Innovate Green Hospitality”. Speech competition ini menarik sejumlah peserta dari berbagai Universitas di Nusantara.

Pada tanggal 11 Maret 2016, STPPH mengadakan technical meeting HOSPITOUR 2016, bertempat di gedung D Universitas Pelita Harapan, yang dihadiri oleh hampir seluruh peserta lomba. Semua peserta dengan teliti memperhatikan presentasi yang dibawakan oleh masing-masing Person in-charge (PIC) kompetisi, serta mengajukan pertanyaan-pertanyaan seputar rules & regulation lomba.

Elvi Lidyana sebagai tim pertama HM BINUS saat membawakan speech
Elvi Lidyana sebagai tim pertama HM BINUS saat membawakan speech

Dari pihak Universitas Bina Nusantara, yang menghadiri technical meeting Speech Competition yaitu Elvi Lidyana. Setelah presentasi mengenai rules & regulation, diikuti oleh pengambilan undi nomor urut peserta dan tema khusus. Elvi Lydiana mendapatkan nomor urut 6 dan tema “Standards for hotel to be environmentally friendly place”, dan Karina Astari mendapatkan nomor urut 1 dan tema “Is Indonesia ready to be an eco-friendly destination?”.

Kompetisi dilaksanakan pada tanggal 22 Maret 2016 di Gedung D ruang 503 Universitas Pelita Harapan. Para peserta datang untuk melakukan registrasi ulang dan mempersiapkan diri untuk maju membawakan speech yang telah dipersiapkan. Karina Astari mendapatkan giliran pertama untuk maju, dan disusul oleh peserta lain termasuk Elvi Lydiana, sesuai urutan yang telah diundi saat technical meeting. Perlombaan hanya terdiri dari 1 babak.

Setelah semua peserta selesai membawakan speech, tibalah saat pengumuman pemenang yang dilakukan oleh Master of Ceremony (MC). Tim pertama HM BINUS yang diwakili oleh Elvi Lidyana mendapatkan Juara II. Elvi mendapatkan sebuah piala, sertifikat, dan juga uang tunai sebagai hadiah pemenang.

Foto bersama semua Tim Juri dan ketiga pemenang Speech Competiton (Elvi Lydiana ketiga dari kanan)
Foto bersama semua Tim Juri dan ketiga pemenang Speech Competiton (Elvi Lydiana ketiga dari kanan)

Sukses untuk Elvi dan Karina