People Innovation Excellence
 

THE WINNER OF TABLE SET UP COMPETITION HOSPITOUR 2016 INSIGHT

Hotel Management Universitas Bina Nusantara ikut berpartisipasi dalam HOSPITOUR 2016 INSIGHT yang diselenggarakan oleh Sekolah Tinggi Pariwisata Pelita Harapan (STTPH). Acara ini berlangsung pada 21-23 Maret 2016 dan bertempat di STTPH Karawaci, Tangerang.

Hotel Management Universitas Bina Nusantara berhasil mendapatkan Juara II Table Set Up Competition HOSPITOUR 2016 yang diraih oleh tim dua yaitu Sarrah Kimberlee dan Bernadeta Larasati.

Tim kedua HM BINUS yang berhasil meraih Juara II Table Set Up Competition (Sarra Kimberly dan Bernadeta Larasati)
Tim kedua HM BINUS yang berhasil meraih Juara II Table Set Up Competition
(Sarra Kimberly dan Bernadeta Larasati)

HOSPITOUR merupakan acara tahunan terbesar yang diselenggarakan oleh STTPH yang selalu mengangkat tema berbeda. Di tahun 2016 ini HOSPITOUR mengangkat tema INSIGHT yang merupakan singkatan dari kata Improve Nature, Sustain & Innovate Green Hospitality and Tourism. HOSPITOUR 2016 INSIGHT mempunyai berbagai macam kompetisi di bidang Tourism dan Hospitality, antara lain Making Bed & Towel Art Competition, Table Set-Up Competition, Pastry Competition, Cooking Competition, Mixing Drink Competition, Front Office Competition, Speech Competition, Guding Competition, Tour Package Competition dan Futsal Competition

Tim HM BINUS Table Set Up Competition (Lidyana Handayani, Bernadeta Larasati, Sarra Kimberly, Fransiska Evadyna; kiri ke kanan)
Tim HM BINUS Table Set Up Competition
(Lidyana Handayani, Bernadeta Larasati, Sarra Kimberly, Fransiska Evadyna; kiri ke kanan)

Hotel Management Universitas Bina Nusantara mengirimkan mahasiswa-mahasiswi untuk mengikuti berbagai kompetisi yang diselenggarakan dalam HOSPITOUR 2016. Salah satu kompetisi yang diikuti adalah Table Set Up Competition, yang diwakili oleh dua tim dimana setiap tim terdiri dari dua peserta, sebagai berikut:

  • Tim pertama terdiri dari Fransiska Evadyna D (1701345840) dan Lidyana Handayani (1701301006), yang membawakan tema “Gunung Padang” Table Set Up
  • Tim kedua terdiri dari Sarrah Kimberlee (1801383732) dan Bernadeta Larasati (1801421390), yang membawakan tema “Wae Rebo NTT” Table Set Up
Tim 2 HM BINUS dengan hasil karya “Wae Rebo NTT” Set Up (Sarra Kimberly dan Bernadeta Larasati)
Tim 2 HM BINUS dengan hasil karya “Wae Rebo NTT” Set Up
(Sarra Kimberly dan Bernadeta Larasati)

Table Set Up Competition adalah suatu perlombaan yang menguji peserta mengenai tata letak dan pengaturan meja makan yang sesuai dengan tema dan ketentuan yang diberikan oleh panitia. Tema Table set-up Competition yang ditetapkan panitia adalah “A Vision in Nature of Indonesian Hospitality”.

Dalam Table Set Up Competition ini, peserta diberikan waktu 3 menit untuk melakukan persiapan pada side station. Lalu, peserta diberikan waktu 12 menit untuk melakukan Table Set Up. Peserta juga harus melakukan persiapan, yakni polishing, meletakkan centre piece serta peralatan yang digunakan dengan rapi pada side station yang telah disiapkan, dan guest napkin yang disiapkan tidak dalam keadaan terlipat

Seluruh peserta Table Set Up Competition beserta Juri
Seluruh peserta Table Set Up Competition beserta Juri

Adapun jenis Table Set Up yang dilombakan adalah Elaborate Table Set Up. Panitia hanya menyediakan peralatan dan perlengkapan yang sudah ditentukan (sifatnya terbatas). Peserta juga diberikan kebebasan untuk berkreasi sesuai dengan tema lomba. Sistem perlombaan adalah sistem poin. Pengurangan poin akan diberlakukan apabila peserta meminjam peralatan di hari perlombaan secara mendadak kepada panitia tanpa melalui mekanisme yang ada. Kemudian, poin akan berkurang jika peserta melakukan pelanggaran saat proses berlangsung dan juga bila peserta terlambat memasuki ruangan

Pada saat berlomba, peserta dilarang untuk menggunakan alat elektronik / gadget. Peserta juga harus full grooming, rapi dalam berpakaian, dan wajib menggunakan sarung tangan putih. Peserta juga diberi kebebasan untuk berkreativitas dalam hal grooming, seperti memakai pakaian adat / tradisional dari daerah yang ditampilkan untuk mendukung perlombaan

Tim 2 HM BINUS pada saat penilaian oleh kedua juri
Tim 2 HM BINUS pada saat penilaian oleh kedua juri

Kompetisi kali ini, panitia HOSPITOUR 2016 menghadirkan 2 juri yang tentunya sudah ahli di bidangnya. Juri pertama adalah Bapak Rizki Irvansyah selaku Lobo Restaurant Manager di Ritz Carlton Mega Kuningan Jakarta. Juri kedua adalah Bapak Geisha Aditya selaku Outlet Restaurant Manager di Novotel Gajah Mada Jakarta. Kriteria penilaian terdiri dari kreativitas, kinerja, kerapian dan kebersihan, serta ketepatan waktu.


Published at : Updated
Written By
Rachel Dyah Wiastuti
SCC General Tourism Hospitality & Core Subject | Binus University

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close