People Innovation Excellence
 

Jalan Jalan ke Monumen Kapal Selam

Pada tahun 2012. saya bersama ketiga rekan saya dari Univ Binus melakukan penelitian ke House of Sampoerna, selama 5 hari kami stay disana untuk melakukan penelitian. bersamaan dengan itu, kami juga menyempatkan waktu luang yang kami punya untuk mengunjungi tempat tempat yang kami anggap menarik. salah satunya adalah monumen kapal selam.

letak monumen kapal selam surabaya berada di antara sungai kalimas dan surabaya plaza atau biasa disebut dengan delta plaza, letak tepatnya di jl. pemuda 39 surabaya 60100. jika dilihat di peta monkasel dikelilingi oleh sungai kalimas dan jalan pemuda serta surabaya plaza di sisi kanan. lokasi monkasel surabaya juga dekat dengan hotel sahid dan juga World trade center (WTC) surabaya. . adapun jam buka monkasel surabaya mulai jam 8 pagi sampai jam 10 malam dengan tikel masuk sebesar 10000 rupiah.

ada banyak fasilitas yang dapat anda nikmati jika mengujungi Monumen Kapal Selam Surabaya Monkasel bersama keluarga menghabiskan weeked yaitu diantaranya melihat betapa gagah dan kuatnya armada laut indonesia yaitu kapal selam KRI pasopati 410 baik dari luar maupun masuk ke dek kapal. sehingga anda akan tahu mulai dari rumitnya peralatan yang ada di dalam kapal serta bagaimana susahnya dulu para pejuang untuk bergerak didalam kapal yang sempit itu. bayangkan dengan kondisi seperti itu, kapal selam ini mampu menampung awak kapal sebanyak 63 orang termasuk perwiranya. sungguh suatu pengorbanan yang besar bagaimana mereka dapat berbagi oksigen, makanan, tempat tidur, jam istirahat dan lain sebagainya dengan baik.

selain wisata monumen kapal selam kita juga dapat melihat langsung film sejarah kapal selam pasopati (history of monkasel surabaya) yang diputar setiap jam sekali mulai pukul 9 pagi sampai 9 malam. video yang diputar layaknya bioskop ini berdurasi kurang lebih 20 menit dengan menyuguhkan peristiwa pertempuran yang terekam di lautan aru. monumen kapal selam surabaya sejarah nya sangat panjang mulai dibuat pada tahun 1952 dan bergabung dengan angkatan laut sepuluh tahun kemudian 1962 serta pensiun pada tahun 1989. kemudian dijadikan momunent pada tahun 1995 dan diresmikan tiga tahun kemudian yaitu 1998. KRI pasopati 410 bertugas untuk menghancurkan garis musuh (anti shipping), melakukan penggerebekan dan pengawasan.  

SONY DSC
SONY DSC
SONY DSC
SONY DSC
SONY DSC
SONY DSC
SONY DSC
SONY DSC


Published at :
Written By
Agung Gita Subakti, SST, MM
SCC Hotel Operation Services | Bina Nusantara University

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close