People Innovation Excellence
 

OUR FIRST EXPERIENCE IN TOURISM PAPER COMPETITION

Perkenalkan, nama kami Hana Dessy Natalina dan Evani Evelyn. Kami merupakan mahasiswi semester dua jurusan Hotel Management Universitas Bina Nusantara, Binusian 2019. Pada 28 Agustus 2016, kami mengikuti perlombaan menulis karya ilmiah pariwisata yang diadakan oleh Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti, Jakarta. Awal mulanya, Miss Rachel menawarkan kepada kami untuk mengikuti perlombaan ini, dimana satu tim harus terdiri dari dua orang. Tanpa Berpikir panjang kami langsung menerima tawaran dari Miss Rachel untuk bertisipasi dalam lomba ini.

Evani (kiri) dan Hana (kanan). Kami saat menerima medali pemenang Juara III
Evani (kiri) dan Hana (kanan). Kami saat menerima medali pemenang Juara III

Karya ilmiah adalah laporan tertulis dan diterbitkan yang memaparkan hasil penelitian atau pengkajian yang telah dilakukan oleh seseorang atau sebuah tim dengan memenuhi kaidah dan etika keilmuan yang dikukuhkan dan ditaati oleh masyarakat keilmuan.

Kompetisi Tourism Scientific Paper ini mengambil tema “Peran Generasi Muda dalam Membangun Pariwisata Indonesia” dengan sub tema yang dapat dipilih yaitu wisata budaya, ekowisata, wisata ziarah, wisata bahari dan wisata kuliner.

Adapun tema yang kami pilih yaitu wisata bahari dengan judul karya ilmiah Kontribusi Generasi Muda Sebagai Pondasi Pengembangan Wisata Bahari Indonesia”. Kami memilih sub tema wisata bahari karena wisata bahari di Indonesia memiliki potensi yang sangat besar namun belum berkembang secara maksimal.

Persiapan kami terbilang cukup singkat. Dimulai dari pembuatan asbtrak untuk tahap seleksi awal dan Puji Tuhan, kami lolos ke babak berikutnya. Pada tahap selanjutnya, kami diminta untuk mengirimkan fullpaper. Pada awal pembuatan karya ilmiah ini, kami sama sekali belum mempunyai pengalaman dan pengetahuan lebih tentang menulis karya ilmiah serta tentang wisata bahari itu sendiri. Kami sempat gugup dan tidak percaya diri ketika mengetahui bahwa perserta lain berasal dari berbagai daerah di Indonesia dan mereka merupakan mahasiswa- mahasiswi jurusan pariwisata, sedangkan kami jurusan Hotel Management.

Dengan sabarnya, Miss Rachel mau meluangkan waktunya untuk membimbing kami mulai dari nol hingga selesainya karya ilmiah ini. Kami sangat bersyukur karya ilmiah ini dapat selesai tepat pada waktunya. Saat hari presentasi, kami kembali gugup karena kami harus mempresentasikannya hanya dalam waktu 10 menit. Setelah presentasi berakhir maka giliran para juri untuk memberikan pertanyaan atau komentar. Para juri pun sangat kagum dengan karya ilmiah dan presentasi dari kami dengan kondisi dimana kami baru semester dua dan peserta lainnya rata- rata berada pada tingkat akhir, hanya kami mahasiswa tingkat pertama yang ikut dalam kompetisi ini. Para juri juga menyemangati kami untuk terus mengembangkan kemampuan kami dan terus menjadi generasi muda yang mau berkontribusi untuk mengembangkan pariwisata di Indonesia

Akhirnya kami selesai presentasi dan ini saat juri memberikan pertanyaan dan komentar
Akhirnya kami selesai presentasi dan ini saat juri memberikan pertanyaan dan komentar

Pada saat pengumuman lomba, tidak disangka kami berhasil meraih Juara III. Ketika nama kami dipanggil, kami sempat kaget dan spontan kami langsung saling berpelukan. Kami bersyukur karena kerja keras kami berbuah manis.

Selama proses persiapan lomba ini, banyak hal yang telah kami lewati. Mulai dari mengerjakan karya ilmiah di cafe, hingga latihan presentasi di Binus sampai larut malam, pulang bergadang lagi, sampai bangun subuh demi mengerjakan revisi sehari sebelum karya ilmiah ini dikumpulkan. Kami sangat bersyukur walaupun awalnya kami ikut perlombaan ini hanya untuk mengisi liburan namun kami belajar bahwa melalui proses pembuatan karya ilmiah ini kami bisa lebih mengerti bahwa Indonesia memiliki potensi yang sangat besar di bidang pariwisata dan Indonesia memiliki kekayaan yang harus dikembangkan oleh kami para generasi muda.

Terima kasih Hotel Management Binus atas kesempatan yang telah diberikan kepada kami khususnya Miss Rachel yang telah membantu kami dalam semua proses perlombaan ini, serta kepada keluarga, teman – teman dan semua pihak yang telah mendukung kami pada perlombaan kali ini. Kami berharap pengalaman yang kami bagikan ini bisa menginspirasi para pembaca bahwa tidak ada usaha yang berakhir sia– sia jika dilakukan dengan sepenuh hati, semangat, fokus dan menyerahkan segalanya kepada Tuhan. Kami juga berharap para pembaca khususnya teman– teman Hotel Management Binus University bisa lebih mengembangkan wisata bahari yang ada di Indonesia

Author: Hana & Evani

Kami bersama Ibu Rachel Dyah Wiastuti sebagai dosen pembimbing selepas acara selesai
Kami bersama Miss Rachel  sebagai dosen pembimbing selepas acara selesai

Published at : Updated
Written By
Rachel Dyah Wiastuti
SCC General Tourism Hospitality & Core Subject | Binus University

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close