People Innovation Excellence

Fruits and Vegetables Carving

Sampai dengan tahun 90-an, fruit carving banyak digunakan sebagai dekorasi baik untuk  di buffet, maupun hiasan tambahan untuk hidangan perorangan, sehingga hampir semua chef diharuskan bisa membuat fruit/vegetable carving.  Tapi sejalan dengan berkembangnya jaman, fruit carving sudah jarang sekali digunakan sebagai hiasan untuk di piring ataupun untuk meja buffet.  Sekarang ini keahlian carving tidak mutlak harus dimiliki oleh seseorang sebelum dia bekerja di kitchen hotel, kapal pesiar  ataupun restaurant.  Sekarang ini beberapa Chef yang memiliki keahlian untuk membuat carving biasanya bekerja secara freelance, sehingga mereka bisa bekerja untuk beberapa hotel ataupun restaurant tanpa harus terikat dengan satu hotel.  Dan bayaran merekapun sangatlah fantastis.

Fruit dan Vegetable Carving Competition tingat Dunia ( Sumber : olivier-close-up-on-the-thai-puzzle)

Untuk buah-buahan yang biasa dipakai adalah melon, semangka, papaya, apel, strawberi, nanas, sedangkan untuk buah-buahan yang lain dapat dipergunakan selama kita mengetahui cara untuk mengukirnya dan mempergunkan alat yang tepat. Dan untuk sayur-sayuan yang banyak dipergunakan adalah wortel, labu kuning, dan lobak putih.  Sama dengan buah-buahan, sayuran yang lain pun dapat dipergunakan terutama yang memiliki tekstur keras/padat.

Sumber Google

Sekarang ini pun fruit carving/vegetable carving mulai ramai untuk diperlombakan.  Hampir setiap ajang lomba yang diperuntukan bagi para chef ataupun orang-orang yang mempelajari bidang culinary, seperti mahasiswa sekolah perhotelan misalnya.

Ini adalah beberapa gambar pada saat mahasiswa binus mengikuti suatu ajang lomba Fruit&vegetables carving.

Okta Fernando saat mengikuti ajang Lomba Fruit Carving di The 5th Anniversary Marche Restaurant

Published at :
Written By
Nurul.S.Lestari
SCC Culinary Art | Hotel Management

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close