Pada 17 Oktober 2017 bertempat di Universitas Bina Nusantara- Kampus Anggrek- Ruang Praktik Lab Kitchen, Hotel Management melakukan kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat (P2M) berupa  pelatihan cara memasak salah satu ikon kuliner Betawi yaitu Ketupat Babanci. Pelatihan diberikan kepada 28 Ibu- Ibu komunitas dari Kelurahan Kota Bambu- Kecamatan Palmerah, yang berlangsung selama pk 09.00 – 11.00 yang terbagi menjadi dua tim.

Pelatihan diberikan dengan cara memberikan penjelasan terlebih dahulu mengenai sejarah ketupat babanci yang sudah terlupakan di era modern sekarang ini. Banyak orang yang tidak mengetahui bahwa ada jenis makanan yang namanya ketupat babanci. Semua peserta mengeahui ketupat, namun ternyata tidak sampai setangahnya mengetahui ketupat babanci. Selain sejarah dari ketupat babanci, tim Hotel Management juga memberikan penjelasan bahan- bahan apa yang diperlukan dan dimana memperoleh bahan tersebut. Barulah setelah itu, dilakukan tahapan proses pembuatan ketupat babanci, yang kemudian ditutup sesi makan bersama.

Melalui pelatihan ini, para peserta diharapkan dapat memperoleh pengetahuan mengenai ketupat babanci, bahan- bahan yang digunakan untuk membuat ketupat babanci dan cara memasak ketupat babanci. Selain itu, Hotel Management juga memiliki objektif untuk melestarikan kuliner betawi yang sudah mulai terlupakan seiring berjalannya waktu.

 

Sesi foto bersama setelah pelatihan ketupat babanci

 

Penjelasan bahan bahan yang digunakan untuk membuat ketupat babanci yang disampaikan oleh tim Hotel Management

 

Penjelasan proses memasak ketupat babanci yang disampaikan oleh tim Hotel Management