People Innovation Excellence
 

Tjong A Fie Mansion

Tjong A Fie Mansion terletak di daerah Kesawan, Medan Old Town.  Tempat ini dulunya merupakan kediaman dari seorang bankir kaya yang sangat darmawan.  Beliau berasal dari keluarga miskin di daratan Cina, dan pada usia 18 tahun beliau datang ke Labuan Deli, di Sumatera.  Tjong A Fie selama hidupnya memiliki perusahaan yang bergerak di bidang real estate, pertambangan, banks, jalan kereta api, pekebunan kelapa, pekebunan tembakau, pekebunan teh, pekebunan karet, pekebunan kelapa sawit, dan perkebunan tebu.

 

Tjong A Fie Masa Lalu
TJong A Fie Masa Kini

 

Beliau merupakan salah seorang yang memegang peranan besar dalam membentuk kota Medan, dengan menjaga harmonisasi hubungan kepada pemerintah Hindia Belanda – Kesultanan Deli – karyawan & masyarakat Medan – hingga kekaisaran China

Tjong A Fie menikah sebanyak 3 kali.  Istri pertamanya di China.  Istri keduanya berasal dari Penang, dan mereka memiliki 3 orang anak.  Istrinya yang terakhir adalah berasal dari Binjai, Sumatera Utara dan mereka dikaruniai 7 orang anak.  Tjong A Fie tinggal di Mansion tersebut sampai akhir hayatnya pada tahun 1921.

Bagian Dalam Mansion pada lantai 1

Sekarang ini keturunan dari Tjong A Fie tinggal tersebar di berbagai Negara.  Karena keluarga mereka menerapkan perkawinan inter-racial, inter-culture dan inter-religion.  Mansion sendiri merupakan perpaduan dari tiga kebudayaan, yaitu: Chinese, Malay dan Western. Salah Satu Cicit beliau masih menempati sebagian dari Mansion tersebut.


Published at :
Written By
Nurul. S. Lestari
SCC Culinary Art

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close