Setelah anda tiba di Belanda dan menikmati keindahan pemandangan ketika keluar dari bandara, sekarang waktunya anda mengekslorasi kota-kota di Belanda sebagai salah satu tujuan wisata. Tetapi anda tentu perlu mendapatkan akomodasi bukan? Di bawah ini adalah kata-kata yang membantu anda selama menginap di Belanda.

Pemandangan Kanal di AmsterdamPemandangan sudut kota di Belanda

Tempat Wisata-Volendam

Istilah yang berhubungan dengan kamar hotel.

  1. Kulkas (Koelkast , dari kata Koel dan Kast)

    Taukah anda bahwa benda di rumah kita ini berasal dari bahasa Belanda walaupun dengan penulisan berbeda. Jika anda sedang plesir ke Belanda dan ingin menanyakan apakah di kamar hotel tersedia lemari pendingin, anda lebih mudah mengucapkan kulkas dibanding refrigerator dan mereka sudah langsung mengerti.

  1. Setrika (Bahasa Belanda = Setrijken)

    Benda yang digunakan untuk menghaluskan pakaian setelah dicuci ini mempunyai penulisan dan pengucapan yang sedikit berbeda. Untuk bahasa Belanda diucapkan: Streyken. Jadi anda bisa bisa menanyakan apakah ada fasilitas setrika di kamar. Cukup sebutkan kata Setrijken.

  1. Balkon (Balkon)

    Jika anda ingin memesan kamar yang mempunyai balkon, cukup sebutkan kata balkon karena kata ini mempunyai kata dan penulisan yang sama.

  1. Handuk (Handoek)

    Anda tidak membawa handuk saat menginap? Katakan saja anda butuh handuk, dan para staff hotel akan mengerti. Handuk bahasa Indonesia mempunya tulisan berbeda dengan bahasa Belanda yaitu handoek. Ejaan oe sperti ejaan lama dalam bahasa Indonesia, kita baca U.

  1. Kamar (kamer)

    Sadarkah anda bahwa kata kamar yang kita pakai merupakan serapan dari Bahasa Belanda yang tulisannya adalah kamer. Jadi untuk menyebut kamar saya adalah,”mijn kamer” (dibaca mein kamer).

  1. Sudut (Hoek)

    Mungkin sebagian masyarakat Indonesia masih menyebutkan kata hoek (dibaca huk) untuk menunjukkan letakknya di sudut. Nah jika kita ingin menanyakan apakah kamar kita terletak di sudut, maka pertanyaannya dalam bahasa Belanda adalah,” Is mijn kamer op de hoek?”Oud Loosdrecht

Semoga kosakata ini berguna untuk anda yang akan menginap di hotel di Belanda.

Veel Plezier…