FRONT OFFICE COMPETITION HOSPITOUR 2016 INSIGHT
Hotel Management Universitas Bina Nusantara ikut berpartisipasi dalam HOSPITOUR 2016 INSIGHT yang diselenggarakan oleh Sekolah Tinggi Pariwisata Pelita Harapan (STTPH). Acara ini berlangsung pada 21-23 Maret 2016 dan bertempat di STTPH Karawaci, Tangerang.
HOSPITOUR merupakan acara tahunan terbesar yang diselenggarakan oleh STTPH yang selalu mengangkat tema berbeda. Di tahun 2016 ini HOSPITOUR mengangkat tema INSIGHT yang merupakan singkatan dari kata Improve Nature, Sustain & Innovate Green Hospitality and Tourism. HOSPITOUR 2016 INSIGHT mempunyai berbagai macam kompetisi di bidang Tourism dan Hospitality, antara lain Making Bed & Towel Art Competition, Table Set-Up Competition, Pastry Competition, Cooking Competition, Mixing Drink Competition, Front Office Competition, Speech Competition, Guding Competition, Tour Package Competition dan Futsal Competition
Hotel Management Universitas Bina Nusantara mengirimkan mahasiswa-mahasiswi untuk mengikuti berbagai kompetisi yang diselenggarakan dalam HOSPITOUR 2016 INSIGHT. Salah satu kompetisi yang diikuti adalah Front Office Competition, yang diwakili oleh dua tim. Setiap tim terdiri dari dua peserta sebagai berikut:
- Tim pertama terdiri dari Cynthia Rosa Lie dan Stella Nathalia Ignacia.
- Tim kedua terdiri dari Evelyin Gohtami dan Linda
Front Office Competition merupakan perlombaan yang berkaitan dengan kantor depan hotel yang terbagi dalam 3 babak dan dinilai oleh 3 juri;
- Babak pertama yaitu tes tertulis sebanyak 30 pertanyaan pilihan ganda mengenai pengetahuan umum kantor depan hotel yang wajib diselesaikan dalam kurun waktu 15 menit.
- Babak kedua yaitu simulasi Standard Operational Procedure (SOP) terkait Hotel Front Office. Babak kedua ini sekaligus menjadi babak penyisihan yang memungkinkan beberapa tim tersisih dan tidak bisa melanjutkan ke babak selanjutnya. Topik simulasi didapatkan melalui undian yang diambil secara acak oleh masing- masing perwakilan dari tim dan diberi waktu selama 8 menit, dan seluruh tim ikut melakukan simulasi yang perannya dibagi atas front desk agent dan tamu. Penyisihan dilihat dari hasil tes tertulis babak pertama, dan nilai penampian dari simulasi SOP babak kedua.
- Setelah terjadi penyisihan dari beberapa tim, dimulai babak ketiga yaitu simulasi dari kasus yang biasa terjadi di kantor depan hotel. Kasus yang didapat pun diambil acak oleh masing- masing perwakilan dari tim. Satu tim dari BINUS yang beranggotakan Cynthia Rosa Lie dan Stella Nathalia Ignacia berhasil lolos di babak kedua ini, dan melanjutkan ke babak tiga. Dalam babak ini diberikan waktu 8 menit untuk melakukan simulasi, dan seluruh tim ikut melakukan simulasi yang perannya dibagi atas front desk agent dan tamu. Setelah semua tim yang tersisa maju di babak tiga, host secara tiba- tiba mengumumkan bahwa ada satu babak terakhir lagi sebelum menentukan siapa pemenangnya
Adanya babak tambahan yaitu babak empat, yang merupakan lomba simulasi yang mendatangkan mystery guest dan merupakan sesi simulasi handling complaint. Mystery guest terdiri dari salah satu juri yang secara acak akan maju untuk melakukan simulasi dengan masing- masing tim. Masih sama dengan babak dua dan tiga sebelumnya simulasi mempunyai waktu maksimal 8 menit untuk menyelesaikannya. Berbeda dengan babak dua dan tiga sebelumnya, yang membutuhkan satu tim utuh untuk melakukan simulasi, karena dalam satu tim itu terbagi atas front desk agent dan tamunya
Sukses selalu untuk Cynthia, Stella, Linda dan Evelyin