TABLE MANNER WKRI MARIA KUSUMA KARMEL MERUYA
Pada 12 April 2016 bertempat di Restoran HM Kampus Anggrek, Hotel Management Universitas Bina Nusantara melakukan kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat (P2M) berupa Table Manner untuk Komunitas Wanita Katolik Republik Indonesia (WKRI) Cabang Maria Kusuma Karmel Meruya, Jakarta. Acara ini dikoordinasi oleh Ibu Rachel Dyah Wiastuti dengan kerja sama dari divisi comdev
Kegiatan berlangsung dari pk 10.00 hingga pk 15.00 dengan jumlah peserta sebanyak 16 orang. Kegiatan ini tidak dipungut biaya sama sekali, karena memang objektif nya yaitu sebagai bentuk pengabdian pada masyarakat.
Tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan pembekalan mengenai tata cara makan dalam jamuan formal atau yang biasa disebut dengan istilah Table Manner. Agar dapat mempraktekkan Table Manner dengan baik, maka peserta dihidangkan set menu, yang terdiri dari appetizer, soup , main course dan dessert. Mahasiswa Hotel Management, dalam kegiatan ini juga berperan sangat penting dalam proses memasak semua makanan yang ada dan dalam menyajikan semua menu tersebut seusai sequence yang benar, tentunya dengan bimbingan dari para dosen.
Pembekalan juga dilengkapi dengan topik lainnya yang terkait dengan bidang restoran, misalnya tentang pemasaran restoran, terminologi bahasa Perancis yang biasanya digunakan di restoran, bagaimana cara perhitungan food cost, termasuk topik terkait beverage yaitu tentang kopi. Topik yang dibawakan cukup beragam dan disampaikan oleh tim yang berbeda. Tim Hotel Management Universitas Bina Nusantara terdiri dari 8 orang yaitu:
- Bapak Ari Yuniarso, dengan topik Food Cost
- Ibu Vitria Ariani, dengan topik Grooming and Etiquette
- Bapak Kasih Caka Putra Komsary, dengan topik Restaurant Marketing
- Bapak Agung Gita Subakti, dengan topik Table Manner
- Ibu Dianka Wahyuningtya, dengan topik Appetizer dan Desssert
- Ibu Trias Putranto, dengan topik Soup dan Main Course
- Ibu Iwan Khrisnanto, dengan topik France Language for Restaurant
- Bapak Aditya Pratomo, dengan topik Hygiene and Sanitation in Restaurant
Melalui kegiatan ini, diharapkan para peserta bukan hanya dapat memahami namun juga dapat mengaplikasikan Table Manner yang baik dan benar dan mendapatkan pembekalan lebih mengenai pengetahuan restoran