TABLE MANNER DWP KEMENTERIAN SEKRETARIAT NEGARA
Pada 10 Mei 2016 bertempat di Restoran Praktek Kampus Anggrek, Hotel Management Universitas Bina Nusantara melakukan kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat (P2M) berupa Table Manner untuk Komunitas DWP Kementerian Sekretariat Negara. Acara ini dikoordinasi oleh Ibu Rachel Dyah Wiastuti dengan kerja sama dari divisi comdev
Kegiatan berlangsung dari pk 10.00 hingga pk 15.00 dengan jumlah peserta sebanyak 20 orang. Kegiatan ini tidak dipungut biaya sama sekali, karena memang objektif nya yaitu sebagai bentuk pengabdian pada masyarakat.
Tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan pembekalan mengenai tata cara makan dalam jamuan formal atau yang biasa disebut dengan istilah Table Manner. Agar dapat mempraktekkan Table Manner dengan baik, maka peserta dihidangkan set menu, yang terdiri dari appetizer, soup , main course dan dessert. Mahasiswa Hotel Management, dalam kegiatan ini juga berperan sangat penting dalam proses memasak semua makanan yang ada dan dalam menyajikan semua menu tersebut seusai sequence yang benar, tentunya dengan bimbingan dari para dosen.
Pembekalan juga dilengkapi dengan topik lainnya yang terkait dengan bidang restoran, misalnya tentang pemasaran restoran, terminologi bahasa Perancis yang biasanya digunakan di restoran, bagaimana cara perhitungan food cost, termasuk topik terkait beverage yaitu tentang kopi. Topik yang dibawakan cukup beragam dan disampaikan oleh tim yang berbeda. Tim Hotel Management Universitas Bina Nusantara terdiri dari 9 orang yaitu:
- Bapak Tri Wiyana, dengan topik Food Cost
- Bapak Wendy Tarigan, dengan topik Restaurant Marketing
- Ibu Rachel Dyah Wiastuti, dengan topik Table Manner
- Bapak Yopy Maulana dan Bapak Darwin Tenironama, dengan topik Coffee
- Ibu Farah Levyta, dengan topik Desssert
- Ibu Nurul Sukma Lestari, dengan topik Appetizer
- Ibu Erma Lusia, dengan topik France Language for Restaurant
- Bapak Raden Nana Kusdiana, dengan topik Soup dan Main Course
Melalui kegiatan ini, diharapkan para peserta bukan hanya dapat memahami namun juga dapat mengaplikasikan Table Manner yang baik dan benar dan mendapatkan pembekalan lebih mengenai pengetahuan restoran