Jurusan Hotel Management adalah salah satu jurusan yang unik dan menyenangkan. Kenapa unik?

Berikut adalah daftar keunikan kuliah di Hotel Management:
1. Seragam
Kuliah di jurusan ini pakai seragam sehingga menghemat baju untuk pergi kuliah sehari-hari.   Tetapi karena ini sudah level kuliah, tentunya seragamnya berbeda dengan waktu masih sekolah di SMU. Berikut adalah seragamnya:
• Seragam kuliah harian
• Seragam kuliah praktek Culinary, Front Office, Housekeeping dan Food & Beverage Service.

Seragam HarianSeragam Harian Mahasiswa Jurusan Hotel Management

Seragam CulinarySeragam Culinary

Foto FOSeragam Front Office

2. Table Manner
Table Manner adalah salah satu pintu gerbang untuk mengenal dunia etika pergaulan di dunia perhotelan. Melalui table manner, para mahasiswa akan diajarkan cara makan yang formal dan elegan serta hal-hal apa yang harus dipatuhi. Serta dijelaskan, peralatan makan (cutlery) apa saja yang dipakai untuk makan suatu menu tertentu.
Di Jurusan Hotel Management Binus University, para mahasiswa akan melakukan kegiatan table manner di Hotel Bintang 5 dan disertai dengan Hotel Tour sehingga para mahasiswa mulai merasakan bagaimana pelayanan yang seharusnya diberikan untuk level Bintang 5.

Table MannerPraktik Table Manner di Hotel Berbintang 5

Table Set-Up Table MannerTable Set Up

Menu Table MannerMenu Table Manner

3. Mata Kuliah Praktek
Mata Kuliah prakteknya yang menarik dan dapat langsung dinikmati hasilnya seperti praktek memasak (food production, pastry, bakery), menghidangkan makanan (restaurant service) ataupun mata kuliah bar / kopi yang langsung membuat minuman ataupun kopi.

4. Langsung bisa ikut kegiatan part-time saat ada event
Hotel-hotel di Jakarta sering membuka informasi untuk part-time pada hari Sabtu Minggu ataupun saat ada event seperti saat pernikahan untuk membantu operasional acara pernikahan tersebut. Sehingga saat masih kuliah pun, kita bisa terjun merasakan suasana di Hotel.

5. Program Job Training / Internship / Magang
Program ini adalah program yang dinanti-nanti mahasiswa, karena pada program ini mahasiswa akan berada selama 6 bulan di industri hotel dan betul-betul merasakan suasana bekerja di hotel. Pengalaman ini sangat berharga karena mahasiswa mulai bertransformasi dari mahasiswa yang terbiasa belajar di kampus, menjadi mahasiswa yang mulai harus bersiap memasuki dunia kerja dengan melayani tamu sesungguhnya dan pengalaman yang nyata.
Area untuk Job Training pun terbagi dalam 2 area:
• Operation Area : seperti Front Office, Housekeeping, Food & Beverage Service, Kitchen dan Pastry.
• Back Office Area : seperti Sales & Marketing, Accounting & Finance, Human Resources, Public Relation.

China TrainingTraining di China

Training PeriodTraining Program di Ritz Carlton Pacific Place

Pada masa sekarang ini, kesempatan untuk melakukan program internship atau magang sangat terbuka luas di area back office. Hal ini karena jaman sekarang, para partner di Hotel merasakan bahwa dengan memberikan kesempatan magang di area back office akan berguna jika mahasiswa sudah lulus, akan lebih mudah mencari kandidat pegawai karena sudah mendapatkan pengalaman bekerja di area yang berbeda dengan Operation Area atau biasa disebut front liner.

Training MonitoringTraining Monitoring di Bintan

Program magang ini juga dapat dilakukan dengan hotel partner di Jakarta, Bali, dan kota-kota besar yang lain serta diluar Indonesia. Melalui program magang ini, para mahasiswa dilatih kemampuan teknis dan secara mental, terutama untuk mereka yang berada di luar kota (yang bukan berada di area domisili).

Progam ini, biasanya dimulai dengan proses interview dan assessment untuk menilai kemampuan pribadi. Setelah diterima, para mahasiswa akan diberi Orientasi pada hari pertama mulai magang. Untuk monitoring, hotel akan mengadakan evaluasi setiap bulan (monthly evaluation). Di akhir masa magang, biasanya dipilihlah penghargaan Best Trainee bagi para trainee yang menampilkan performa yang bagus baik kemampuan teknis maupun kemampuan interpersonalnya. Sebagai tanda bukti mereka telah menyelesaikan program ini, maka akan diberikan format penilaian kerja dan sertifikat magang.

Keuntungan lain bagi mahasiswa yang mempunyai performa magang yang bagus, tentunya akan tercatat di hotel tersebut dan akan lebih mudah untuk diterima bekerja baik di hotel tempat magang maupun hotel lain.

Jadi, apakah kamu tertarik untuk kuliah di Hotel Management dan menikmati keunikannya??