Museum Perumusan Naskah Proklamasi terletak at Jl. Imam Bonjol No. 1 Menteng Jakarta Pusat.  Official website nya http://munasprok.or.id.  Museum ini dibuka pertama kali pada tanggal 24 November 1992 dikelola oleh  Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Museum ini merupakan gedung bekas kediaman Laksamana Tadashi Maeda di Jalan Meiji Dori (sekarang Jalan Imam Bonjol No.1). Di tempat inilah naskah proklamasi disusun.  Karenanya museum ini sangatlah penting karena merupakan  awal berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Museum ini merupakan satu-satunya museum yang mempergunakan program SIJI.  SIJI adalah aplikasi mobile yang diberdayakan untuk memudahkan pengunjung mendapatkan pengetahuan yang ada di museum ini.  Aplikasi ini sangat membantu pengunjung dalam memberikan informasi tentang apa saja yang ada di museum.

 

http://gayahidup.republika.co.id/berita/gaya-hidup/travelling/17/10/23/oy9b59328-munasprok-satusatunya-museum-digital-di-jakarta
SIJI Program

Selain itu museum juga menyediakan ‘Tablet’ untuk pengunjung yang tidak dapat berkeliling museum (dissable) dimana di dalam tablet tersebut terdapat virtual picture dari museum.  Dan untuk pengunjung anak-anak museum menyediakan komik dan permainan yang terdapat di dalam ‘tablet’.

http://gayahidup.republika.co.id/berita/gaya-hidup/travelling/17/10/23/oy9b59328-munasprok-satusatunya-museum-digital-di-jakarta
Komik Digital