Taman Kota adalah taman yang berada di lingkungan perkotaan dalam skala yang luas dan dapat mengantisipasi dampak-dampak yang ditimbulkan oleh perkembangan kota dan dapat dinikmati oleh seluruh warga kota.

Taman kota mempunyai banyak fungsi, selain menjadi paru-paru kota taman juga dapat menjadi tempat untuk melakukan berbagai macam aktifitas, salahsatunya berolahraga.

Sekarang ini Kota Jakarta sudah melakukan renovasi secara besar-besaran terhadap beberapa taman kota.  Taman-taman yang dulu tidak dilirik masyarakat untuk didatangi, sekarang menjadi salah satu tempat favorite untuk sekedar berkumpul dengan keluarga, teman ataupun melakukan aktifitas sendiri seperti berolah raga.

Taman-taman ini dilengkapi dengan fasilitas untuk berolahraga, salahsatunya adalah sudut “Indonesia Segar” yang bekerjasama dengan salah satu minuman yang menyediakan alat-alat untuk gym.

Menyediakan alat-alat untuk gym

Selain itu beberapa taman menyediakan fasilitas lain seperti kolam yang dapat digunakan untuk memancing ikan, atau sekedar bersantai di pinggir kolam, dan ada juga taman yang menawarkan fasilitas wifi.

Wifi corner
Denah dari Taman Surapati

Seberapa Pentingkah Taman Kota…?

Taman Kota sangatlah penting, karena taman kota dapat membantu mengurangi polusi yang banyak terjadi di kota-kota besar seperti Kota Jakarta.  Selain itu taman kota dapat menjadi tempat untuk bersosialisasi, dan juga taman kota dapat menjadi salah satu objek wisata yang dapat dinikmati oleh semua kalangan, karena tidak ada biaya untuk memasuki taman-taman kota yang ada di Jakarta khususnya.