Istana Maimun terkadang disebut juga Istana Putri Hijau, merupakan istana kebesaran Kerajaan Deli. Istana ini terletak di jalan Brigadir Jenderal Katamso, kelurahan Sukaraja, kecamatan Medan Maimun, Medan, Sumatera Utara.

Istana ini didominasi warna kuning, warna kebesaran kerajaan Melayu. Istana ini adalah sebuah bangunan peninggalan sejarah masa kerajaan melayu Sultan Deli ke- IX yaitu Sultan Ma”moen Al Rasyid Perkasa Alamsyah, bangunan ini mulai dibangun pada 26 Agustus 1888 dan selesai selama 3 tahun yang sekaligus diresmikan pada tanggal 18 Mei tahun 1891.

Istana Maimun Dilihat dari samping

Terdapat Melayu dengan kebudayaan Eropa pada bangunan interiornya. Sedangkan pengaruh Islam dapat terlihat dari bentuk kurva di beberapa bagian atap istana. Kurva yang berbentuk seperti kapal terbalik atau yang kerap dikenal dengan Persia Curve yang sering dijumpai pada bangunan di kawasan Timur Tengah, India, atau Turki.

Pada Istana Maimun juga terdapat Meriam Puntung, yang memiliki legenda sendiri terkait dengan Putri Hijau.

Setiap Hari pengunjung dapat melihat istana ini, kecuali pada saat-sat upacara khusus, karena Istana ini masih dipergunakan oleh para ahli waris Kesultanan Deli.  Sultan Deli biasanya mengadakan acara silahturahmi sebanyak 2 kali dalam setahun.

 

Istana Maimun