Pada 15 November 2018 di Auditorium Universitas Bina Nusantara Jakarta berlangsung International Conference on Community Development (ICCD) 2018. ICCD 2018 adalah kegiatan tahunan dimana penyelenggaraan perdananya dilaksanakan di BINUS University yang mengusung tema “Sustainable Development in Millenium Era”.

ICCD adalah konferensi internasional untuk isu pengembangan masyarakat juga sebagai wadah kerjasama kolaborasi strategis dari lima universitas di Indonesia yakni BINUS University, Universitas Mercu Buana, Universitas Budi Luhur, Universitas Sahid Jakarta, dan Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama). Diikuti oleh 96 presenter paper tentang Community Development. Topik paper yang dipresentasikan Antara lain adalah hasil pengabdian dan temuan di masyarakat terutama di area SDGs (Sustainable Development Goals), special topics Entrepreneurship and innovation, Media Literacy, water and sanitation, Communication Environment, Gender equality and family planning, Good health and well-being, Quality Education, CSR and empowerment, Information Communication Technology, Sustainable Development, Clean energy, Food Technology and security, art & Culture. Dan juga terbuka di area lainnya yang terkait dengan kegiatan pengembangan komunitas. Semua paper yang telah dipresentasikan terkumpul dalam proceeding ICCD 2018 vol 1 no 1 November 2018 dengan ISSN 26225611.

Dalam program pengembangan komunitas tentunya juga diperlukan kemitraan yang berkesinambungan yakni dari beberapa mitra Negara diantaranya US, Hongkong, Malaysia, Phillipina, dan mitra lokal Indonesia. Di event perdana ICCD 2018 telah hadir nama nama berikut:

  1. Perwakilan Negara Amerika serikat adalah Ravi K Menon (Global Alliance for improved Nutrition-GAIN)
  2. Perwakilan Negara Hongkong adalah Yogesh Kappor (International art Public Speaker)
  3. Perwakilan Negara Malaysia adalah Dr Anees Janee Ali (USM)
  4. Perwakilan Negara Phillipina adalah Lexie C Estacio (UA & P Foundation Inc)
  5. Perwakilan Negara Indonesia adalah Prof Dr. Tirta Nugraha Mursitama, Ph.D (Vice Rector of research and technology Transfer Binus University, Indonesia)
  6. Rinda Hedwig (Researcher Binus University and Com.Dev Volunteer Nasional)

Dalam ICCD ini, Hotel Management Bina Nusantara University mengirimkan 5 paper yang kemudian dipresentasikan dalam sesi pararel pada 15 November 2018, yang kemudian akan dipublikasikan dalam Prosiding. Berikut tim HM Binus:

  • Farah Levyta, Dianka Wahyuningtias, Sarim; Training for Sorghum Flour Based Cake Making as A Part of Family Welfare Program Empowerment in Pasirmulya Bandung
  • Ari Yuniarso; Reinforcement Identity of Tourism Village at Dusun Wangun -Bandung
  • Novita Indah Mulyaningrum, Nurul Sukma Lestari, Rachel Dyah Wiastuti; Accessibility Development: A Guide to Sustain Modern Market for Urban Shopper’s Diversity
  • Trias Septyoari Putranto, Tri Wiyana, Arif Zulkarnain; Eco-Homestay; Concept and Development at Pasirmulya Tourist Village, Banjaran, Bandung – West Java
  • Aditya Pratomo & Iwan Khrisnanto; Empowerment of Homestay Concepts in Wangun Village, Pasirmulya, Bandung

Melalui kegiatan ini, dosen Hotel Management diharapkan dapat meningkatkan kompetensi pada bidang penelitian dengan menghasilkan publikasi terindex yang kemudian menjadi pengkayaan pada mata kuliah yang diampu.

Berikut dokumentasi kegiatan ICCD 2018:

Keynote Speaker dalam ICCD 2018

 

Suasana ICCD 2018

 

Para keynote speaker ICCD 2018

 

Ibu Farah Levyta menerima sertifikat sebagai presenter

 

Bapak Aditya saat sesi pararel

 

Ibu Novita saat tany ajwab sesi pararel

 

Pa Sarim, Bu Farah dan Pa Arif setelah sesi pararel

 

Bapak Arif saat sesi pararel