How to cite:

Rachel Dyah Wiastuti & Cindy Pratiwi. (2019). Analisis Isi Terhadap Atribut Restoran Dengan Konsep Korean Barbecue Di Jakarta. Jurnal Sains Terapan Pariwisata, Vol. 4 (2), Juni 2019, hal 215-228

DOWNLOAD for fullpaper:

http://jstp.polteksahid.ac.id/index.php/jstp/article/view/326/249

ANALISIS ISI TERHADAP ATRIBUT RESTORAN DENGAN KONSEP KOREAN BARBECUE DI JAKARTA

ABSTRACT

The purpose of this study is to determine satisfaction factors and dissatisfaction factors for Korean Barbecue restaurants in Jakarta based on Zomato and Qraved. This research uses descriptive qualitative approach with content analysis. There are 30 Korean Barbecue restaurants from 11 different brands as research objects; Chung Gi Wa, Mapogalmaegi Magal, Born Ga, Seorae, Gojumong, The Grill, Samwon House, Hanyang Garden, Seo Seo Galbi. Content analysis were conduct by analyzing 410 reviews representing consumer satisfaction and 250 reviews representing consumer dissatisfaction, obtained from two restaurantplatforms; Zomato and Qraved. The result shows that there are 10 determinant factors of consumer satisfaction; food qualityservice qualityvaluepriceatmosphereplacecleanliness, Wi-Fi, promotion and facility. The main factors determining the satisfaction of the food quality consists of various- complimentary- free flow side dishes, free tea- dessert, good portion, good packaging and halal. In addition, there are six determinant factors of consumer dissatisfaction; service qualityfood qualityvaluepricecleanliness and atmosphere.

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor kepuasan dan faktor ketidakpuasan konsumen pada restoran dengan konsep Korean Barbecue di Jakarta berdasarkan Zomato dan Qraved. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif desktiptif dengan metode analisis isi. Terdapat 30 restoran dari 11 merek yang menjadi objek penelitian, yaitu Chung Gi Wa, Mapogalmaegi Magal, Born Ga, Seorae, Gojumong, The Grill, Samwon House, Hanyang Garden, Seo Seo Galbi. Metode analisis isi dilakukan dengan menganalisis 410 ulasan yang mewakili kepuasan konsumen dan 250 ulasan yang mewakili ketidakpuasan konsumen, yang didapatkan dari dua platform restoran di Indonesia yaitu Zomato dan Qraved. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat 10 faktor yang menentukan kepuasan konsumen yaitu kualitas makanan, kualitas layanan, nilai, harga, atmosfer, tempat, kebersihan, Wi-Fi, promosi dan fasilitas. Faktor utama penentu kepuasan yaitu kualitas produk dimana kualitas makanan baik, side-dish beragam, gratis dan free-flow, porsi banyak, makanan penutup gratis dan teh gratis, menu bervariasi dan halal serta kemasan makanan yang mudah dipanaskan. Sedangkan terdapat enam faktor yang menentukan ketidakpuasan konsumen yaitu kualitas layanan, kualitas makanan, nilai, harga, kebersihan dan atmosfer. Penelitian ini berkontribusi bahwa ulasan pada platform online dapat memberikan informasi bagi pihak manajemen restoran untuk mengenai faktor yang menyebabkan tamu puas maupun tidak puas yang kemudian dapat menjadi kajian untuk meningkatkan kinerja restoran.

Keywords: Dissatisfaction factors; Restaurant sttribute; Satisfaction factors