Mempelajari etiket di meja makan bukan sekadar mengetahui tata krama saat makan atau menggunakan alat makan. Menguasai table manner juga merupakan bentuk citra diri, bahkan profesionalisme Anda. Pemahaman yang baik seputar table manner bahkan memengaruhi kesuksesan karier atau bisnis Anda. Jika mampu menunjukkan sopan santun di meja makan, sebenarnya secara tidak langsung menunjukkan kualitas pergaulan, intelektualitas dan etika pergaulan seseorang.

Lebih dari satu tujuan mengapa anda perlu belajar mengenai table manner yaitu :

  1. Menunjukkan Kemampuan Anda dalam Bersosialisasi

Kemampuan bersosialisasi salah satunya ditunjukkan melalui etiket Anda di meja makan. Table manner bicara banyak hal, termasuk etiket saat menghadiri jamuan makan, mulai dari kedatangan hingga waktunya meninggalkan jamuan makan. Bagaimana Anda bersikap menunjukkan kemampuan bersosialisasi? Saat tiba di lokasi jamuan makan, Anda tentu akan bertegur sapa dengan tuan rumah dan undangan lain yang tak begitu Anda kenal. Sikap Anda dalam bertegur sapa menunjukkan kemampuan bersosialisasi Anda. Dengan mengetahui manner, Anda tentunya akan menjaga sikap. Menyapa dan berbincang. Namun, tak berlebihan.

  1. Meningkatkan kepercayaan diri

Table manner membantu Anda memperkaya kehidupan personal dan profesionalisme, baik dalam karier maupun bisnis. Dengan berbekal ilmu etiket di meja makan, Anda bisa mengubah rasa minder menjadi kepercayaan diri yang tinggi sebab Anda tahu bagaimana seharusnya bersikap dan menjaga profesionalisme di segala situasi. Artinya, dalam kondisi apa pun, jamuan makan bersama teman, kolega, klien, atau bahkan undangan kenegaraan, Anda tetap tampil percaya diri.

  1. Membantu diri Anda dan orang lain untuk sukses

Citra diri di antaranya tergambar dari kemampuan Anda menempatkan diri, termasuk dalam jamuan makan. Mempraktikkan table manner dalam pertemuan di meja makan memperlihatkan profesionalisme Anda. Kesuksesan pembicaraan bisnis, presentasi diri, produk, bahkan perusahaan ditentukan dari perilaku Anda di meja makan. Sering kali pertemuan bisnis atau urusan pekerjaan lainnya dilakukan dengan jamuan makan. Memahami table manner membantu Anda mendapat kesuksesan atas karier, bisnis, dengan citra yang Anda tunjukkan selama jamuan makan, Selain itu, orang yang mengundang Anda dan klien potensial yang Anda temui dalam jamuan makan merasa lebih nyaman dengan sikap Anda yang beretika.

Universitas Bina Nusantara juga sudah menyadari akan pentingnya Table Manner di dalam dunia kerja terutama di Industri Perhotelan, Oleh karena itu Jurusan Hotel Management telah bekerja sama dengan berbagai partner Hotel Bintang 5 setiap tahunnya untuk mengundang Mahasiswa dan Mahasiswi Binusian dalam menghadiri acara Table Manner agar Mereka belajar dan menyadari betapa pentingnya Table Manner dalam industry perhotelan.

Berikut ini merupakan Dokumentasi dari Acara Table Manner yang dilakukan di Hotel Ritz Carlton Mega Kuningan.

Foto bersama para peserta table manner di Ritz Carlton Mega Kuningan.
Sharing Session dari Alumni BINUS.
Ketika para peserta diajarkan tentang etika Table Manner.