Ini cerita Anneke Mariana Susanto, Binusian 2017 (Flight Attendant at Qatar Airways)

Hubungan antara kuliah dengan pekerjaan sekarang?

Sekarang saya bekerja sebagai cabin crew di Qatar Airways. Saat saya sedang terbang, memori saya kembali saat saya kuliah, karena saya kuliah di di Bina Nusantara jurusan Hotel Management, dosen-dosen saya sangat ketat untuk masalah grooming. Hal ini yang sekarang sangat membantu saya di dunia kerja yang baru sebagai cabin crew, dimana saya harus selalu menjaga penampilan. Dari kuliah sudah dibiasakan rapi dan cepol rambut, bahkan tidak bisa lupa name tag.

Saat ini pekerjaan saya juga mengharuskan setiap hari di cek grooming-nya sebelum terbang, name tag juga tidak pernah lupa karena sudah biasa dari kuliah. Mata kuliah juga membantu banget di pekerjaan, karena disini saya jadi mudah menghafal menu on board karena dari kuliah sudah dapat product knowledge tentang menu makanan.

Overall, selain grooming, kuliah di Hotel Management Binus University memudahkan saya untuk mendaftar kerja di bidang yang saya kerjakan sekarang.

Pengalaman seru apa sebagai cabin crew?

Senang  bisa jalan-jalan ke banyak negara. Tapi agak challenging karena kadang ya jam tidurnya tidak pasti. Kalau pengalaman tentang penumpang macam-macam hahaha.

Pernah ada penumpang yg agak mabuk sampai hampir cium pipi, lalu ada yg setelah makan di taruh di bawah kursinya jagi agak susah ambil tray nya.

Cuma yg lebih terasa adalah pengalaman tentang kinerja dalam timnya (team work). Kalau crew nya rajin2 ya kerja jadi gampang dan cepat. Tapi disini kita kerja sama crew beda-beda setiap hari dari seluruh dunia, jadi macam-macam sifatnya. Sehingga perlu mental yang kuat untuk bisa adaptasi dengan tim dan pekerjaannya.

#binusuniversity #binusuniversityofficial #binushotelmanagement #sekolahperhotelan #sekolahperhotelanjakarta #dibinusadajurusanperhotelan #binuskemanggisan #beproudofhotelmanagement #binusianhotelier #fosteringandempowering #futurestartsnow #joinbinus #joinbinushm #gabungbinus