Dosen Hotel Management BINUS, Aditya Pratomo, S.S.T.Par., M.M, menulis buku ajar yang dapat digunakan untuk SMK bidang Perhotelan dengan detail sbb:

 

Judul                : HOUSEKEEPING; PENGANTAR ILMU PERHOTELAN

Penulis             : Aditya Pratomo, S.S.T.Par., M.M

Penerbit           : Interlude, Yogjakarta

Edisi                 : Satu (Februari 2020)

Pengantar

Di bagian pertama buku ini mengulas pengetahuan tentang hotel secara mendetail, yaitu asal mula sejarah berdirinya hotel hingga saat ini, pengertian tentang hotel itu sendiri, klasifikasi hotel disesuaikan dengan bintang serta beberapa klasifikasi lainnya, hotel chain baik yang local maupun internasional, struktur organisasi hotel secara umum serta beberapa perubahan paradigma hotel sesuai dengan trend saat ini.

Housekeeping juga merupakan sebuah bentuk pelayanan yang diberikan oleh hotel kepada tamu, oleh karena itu di bagian kedua buku ini diulas tentang service dan pelayanan, pemahaman keinginan dan ekspetasi tamu serta apa yang diinginkan tamu jika menginap di hotel.

Ilmu Housekeeping dijelaskan secara mendetail dalam bagian tiga, empat serta lima dari buku ini, dimana dijelaskan job description serta organisasi housekeeping department, standar kompetensi yang harus dimiliki oleh personil housekeeping serta bentuk Kerjasama antara housekeeping dengan departemen lainnya dalam hotel. Housekeeping dibagi menjadi dua divisi besar yaitu Public Area dan Guest Room Division yang dijelaskan lebih detail pada bagian empat dan lima.

K3 atau Kesehatan dan Keselamatan Kerja merupakan salah satu factor penting yang dapat mempengaruhi produktivitas karyawan. Resiko kecelakaan serta penyakit akibat kerja sering terjadi karena program K3 tidak berjalan dengan bai. Begitu juga di housekeeping, pentingnya pengetahuan K3 merupakan factor penting yang harus dipahami. Oleh sebab itu, pada bab ini dibahas masalah penerapan K3 pada departemen Housekeeping.