Memasuki periode PSBB Transisi di Jakarta pada 8 Juni 2020, Kampus Binus menerapkan kebijakan Work From Office (WFO) setelah dua bulan lebih memberlakukan skema Work From Home (WFH) terkait kondisi pandemic Covid19. Hal ini juga sesuai kebijakan pemerintah dimana perusahaan diperbolehkan melakukan kegiatan operasional dengan syarat keberlangsungan maksimal di kapasitas 50% dan menjalankan protokol kesehatan dan keselamatan. Kampus Binus pun menjalankan peraturan tersebut, dimana sejak 8 Juni 2020 seluruh karyawan, termasuk dosen sudah WFO namun dengan kapasitas hanya setengahnya.

Prodi Hotel Management (HM) di Jakarta dan Business Hotel Management (BHM) di Bekasi termasuk yang menjalankan skema PSBB Transisi ini. Dosen HM dan BHM bekerja dengan cara terbagi menjadi 2 tim, yaitu Tim A dan Tim B, dimana pada minggu pertama tim A WFO dan tim B WFH. Begitu juga selanjutnya, Tim B WFO dan tim A WFH. Hal ini tentunya menjadikan kapasitas ruang jurusan menjadi hanya 50% sesuai peraturan Pemprov DKI Jakarta. Selain itu, protokol Kesehatan dan keselamatan juga dilakukan secara rutin dan continuous, baik pemberitahuan melalui email dosen maupun melalui online meeting untuk semua sosialisasi protokol. Dengan ini, dosen diharapkan tetap mematuhi protokol yang sudah ada sehingga dapat menjalani kondisi bekerja dengan baik selama di kampus untuk terus memberikan pengajaran dan bimbingan kepada mahasiswa- mahasiswi prodi HM dan BHM.

Berikut penerapan protokol kesehatan dan keselamatan di Kampus Binus Syahdan:

Akses masuk dan keluar menjadi 1 titik dan dijaga oleh pihak keamanan. Hanya pihak yang diberikan ijin yang dapat memasuki wilayah kampus.

Segera setelah memasuki wilayah kampus, wajib cuci tangan, dengan air mengalir dan sabun cuci

Kemudian staff keamanan akan melakukan cek suhu dan memberikan hand sanitizer. Selain itu, nama dan unit akan didatakan lebih lanjut.

 

 

Akses jalan dan flow IN dan OUT selama di areal kamus telah ditentukan. Papan petunjuk tersebar di berbagai tempat sebagai penunjuk arah. Seluruh dosen wajib mengikuti alur jalan sesuai ketentuan yang ada

 

Jalur/ flow OUT

 

Memasuki area bagian dalam, karpet yang dilengkapi cairan disinfektan tersedia di beberapa titik penting yang dilewati setiap orang khususnya pada jalur IN.

 

Absesi finger print DITIADAKAN untuk menghindari kontak fisik silang dengan staff yang lain melalui satu objek benda yang sama. Untuk absensi, dosen diwajibkan melakukan log in dan log out secara sistem melalui HC Portal Binus.

Hand sanitizer disediakan di berbagai titik, dapat ditemukan di semua lantai. Hand sanitizer stand adalah yang tipe otomatis, sehingga menjamin less cross contact dengan staff lain.

Dokumen IN dan dokumen OUT disediakan di setiap ruang termasuk ruang jurusan HM, memastikan bahwa hanya pihak yang berkepentingan saja yang memasuki area ruang jurusan, Tidak lupa hand sanitizer tersedia di samping box document dan di depan pintu masuk jurusan.

Untuk toilet, jarak aman juga dijaga dengan menutup salah satu washbasin yang berdekatan. Dengan ini dipastikan setiap staff agar menjaga jarak minimal 1 meter dengan staff lainnya sekalipun sedang erada di toilet.

Selain itu, bilik toilet juga ditutup sebagian dengan sistem selang seling untuk memastikan jarak satu dengan yang lain tetap terjaga minimal 1 meter.

 

Area outdoor seating juga dipasang tanda silang sehingga jarak 1 meter antar 2 orang tetap terjaga.

Wilayah ATM juga diberi garis antrian, untuk memastikan jaga jarak.