Jumat, 10 Juli 2020 menjadi hari pertama mahasiswa mahasiswi Hotel Management B2020 memasuki periode sidang Tugas Akhir (TA). Terdapat lebih dari 90 mahasiswa yang akan menjalani proses sidang, yang terdiri dari streaming Hotel Operation Service maupun streaming Culinary Art. Namun ada hal yang berbeda pada sidang tahun ini, yaitu semua proses sidang dilakukan secara daring atau online menggunakan ZOOM.

Hal ini dilakukan sebagai komitmen BINUS bagi seluruh mahasiswa agar tetap dapat menjalankan sidang sebagai salah satu syarat kelulusan di tengah situasi pandemi Covid19 yang melarang untuk kontak dengan banyak pihak. Dengan ini, sidang dapat tetap dijalankan tanpa mahasiswa maupun dosen melakukan kontak fisik. Melalui sistem sidang online, maka mahasiswa dapat tetap melakukan skripsi dari rumah tanpa harus keluar atau ke kampus. Diharapkan dengan ini mahasiswa dapat lebih konsentrasi dan tetap terjaga kesehatannya.

Sidang yang dijalankan secara online dipastikan memiliki kualitas yang sama dengan sidang secara onsite. Baik mahasiswa maupun dosen dapat melihat jadwal sidang pada sistem Bimay, termasuk link untuk ZOOM online. Proses sidang pun berjalan layaknya sidang onsite, dimana terdapat sesi pembukaan sidang yang dibacakan oleh Ketua Sidang, yang didalamnya dibacakan aturan sidang. Setelah itu dilanjutkan dengan sesi presentasi dari mahasiswa yang bersangkutan, yang diikuti oleh tanya jawab dari Ketua Sidang dan Anggota Sidang. Sesi akhir ditutup oleh pembacaan hasil sidang dan pengumuman nilai akhir.

Berikut suasana sidang online pada 20 Juli 2020 dari 4 mahasiswa Hotel Management yaitu Maria Astria Sanjaya, Shenly Velicia Karenina, Matthew, dan Verna Veronica, dengan dosen penguji yaitu Nurul Sukma Lestari, MM, CHE, Sarim, MM.Par., Tri Wiyana, M.Par dan Raden Nana Kusdiana, M.Par, dimana keempat mahasiswa tersebut dinyatakan LULUS.

Sukses untuk semua mahasiswa Hotel Management yang sebentar lagi akan melakukan sidang. Tetap semangat dan sampai bertemu di Wisuda 2020.

Berikut dokumentasi selama sidang online berlangsung:

Presentasi Verna Veronica

 

Verna Veronica saat sesi tanya jawab oleh tim penguji

 

Presentasi Shenly Velicia Karenina

 

Presentasi Maria Astria Sanjaya

 

Pembukaan sidang

 

Presentasi Matthew

 

 

Sesi tanya jawab Matthew