Menyambut tahun ajaran baru pada Ganjil 2020/ 2021 yang akan berlangsung pada 14 September hingga 20 Februari 2021, Hotel Management dan Business Hotel Management Universitas Bina Nusantara mengadakan rapat sosialisasi terkait skema perkuliahan yang baru kepada seluruh dosen pengajar di lingkungan prodi. Rapat dilakukan secara daring/ online menggunakan software Zoom dan berlangsung pada 14 Agustus 2020. Hal ini dilakukan agar setiap dosen pengajar HM dan BHM memahami konsep pembelajaran online yang baru yang disebut sebagai Multichannel. Konsep ini sedikit berbeda dengan konsep online learning yang dilakukan pada semester Genap 2019/2020 lalu.

(Dikutip dari Buku Panduan Dosen Binus TA 2020/2021) Pembelajaran Multi Channel merupakan pembelajaran online dengan memanfaatkan berbagai macam channel sumber belajar melalui Video Conference, Discussion Forum, Assignment dan Video Based Learning. Di dalam pembelajaran Multi Channel mahasiswa dapat belajar dengan cara yang lebih menyenangkan dan lebih mudah memahami materi perkuliahan, hal ini didukung dengan tersedianya sesi Video Conference (ViCon) sehingga dapat terjadi interaksi antara dosen dan mahasiswa yang kualitasnya sama dengan pertemuan fisik secara langsung. Sesi ViCon dapat dilakukan oleh mahasiswa di berbagai lokasi sehingga suasana pembelajaran dapat diciptakan dengan lebih bervariasi.

Komponen pembelajaran Multi Channel terdiri dari Combined Lecture/Laboratory dan Lecture/Laboratory. Untuk komponen Combined Lecture/Laboratory, pada matakuliah yang dijalankan secara pararel (dosen pengajar matakuliah yang sama lebih dari 1 orang) sesi ViCon dijadwalkan secara live dari kampus yang diwakili oleh salah seorang dosen/asisten pengajar pada matakuliah yang telah ditentukan oleh program/program studi. Walaupun demikian, dosen/asisten pada kelas pararel tetap mengikuti sesi kelas gabungan tersebut sehingga dapat terjadi kegiatan peer review yang hasil evaluasinya dapat digunakan untuk umpan balik penyempurnaan materi kuliah. Sedangkan untuk komponen Lecture/Laboratory, sesi ViCon terjadwal dari luar kampus dan dilaksanakan oleh masing-masing dosen/asisten kelas non pararel (regular). Jika terdapat kelas dimana tidak terdapat jadwal kelas pararel, maka sesi ViCon dijadwalkan dari kampus atau luar kampus, diampu oleh dosen yang bersangkutan. Semua proses ini diikuti mahasiswa melalui aplikasi ViCon dari rumah masing-masing.

Berikut dokumentasi kegiatan:

Sosialisasi pembelajaran multichannel di HM dan BHM dibawakan oleh Tri Wiyana selaku Deputy Head

 

Sosialisasi pembelajaran multichannel di HM dan BHM dibawakan oleh Tri Wiyana selaku Deputy Head

 

Dosen HM dan BHM hadir dalam rapat online sosialisasi pembelajaran multichannel