Program studi Hotel Management BINUS University mengadakan Focus Group Discussion (FGD) dengan external stakeholders pada 10 Maret 2021 secara onsite di Aloft Hotel Jakarta Wahid Hasyim pada pk 12.00 hingga pk 17.30. Objektif dari FGD ini berfungsi sebagai wadah diskusi terkait topik visi, misi, program objectives, kurikulum, dan student outcome, dengan tujuan untuk mendapatkan masukan dan saran atas topik yang dibahas. Selain sosialisasi visi misi objectives 2020, pada FGD ini dibahas usulan visi misi objective Hotel Management untuk période 2035. Rancangan kurikulum 2022 juga menjadi salah satu topik pembahasan untuk menggantikan kurikulum 2020 dimana terdapat kebijakan baru Kampus Merdeka- Merdeka Belajar dan penyesuaian hal lainnya.

Adapun 14 pihak external stakeholders yang merupakan pemangku kepentingan terkait prodi Hotel Management diwakilkan oleh kategori dari industri, asosiasi, alumni, akademisi, dan orang tua. Perwakilan pihak industri adalah Deddi Setiadi (President Director Jayakarta Hotel Group), Muhammad Yuslan (General Manager Marriott Executive Apartment), dan Suharjo (Executive Chef Mercure Hotel Alam Sutera). Perwakilan pihak asosiasi adalah Prabu M.A. Sartono (Chairman Himpunan Manajer Pelatihan Perhotelan Indonesia) dan Syarifudin Zamil (Member of Indonesian Food & Beverage Executive Association). Perwakilan pihak akademisi adalah Dr. Diena Mutiara Lemy, M.M., CHE (Dean School of Tourism & Hospitality, Universitas Pelita Harapan, Tangerang), Agus Riyadi, M.Sc., CHIA (Kepala Departemen Pengelolaan Perhotelan Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti) and Tri Djoko Sulistiyo, M.M (Koordinator Kerjasama dan Alumni Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti).

Perwakilan dari pihak vendor adalah Reginal Iskandar (Technical Manager PT. Sinar Meadow) dan Chris Maakh (National Corporate Chef Indonesia, Rational). Perwakilan pihak alumni adalah Jose Valencio (Kitchen Head Supervisor Cook and Bake City Electronic City), Michelle Claudia (Event Executive The Ritz Carlton Kuningan Hotel Jakarta), dan Felix Widjaja (Founder Cikenplis). Sedangkan untuk orang tua diwakilkan oleh Bonifatius Djoko Pandojo (orang tua dari Pankrasius Pasha Sadhubudhi NIM 2101689564).

Melalui FGD ini, prodi Hotel Management mendapatkan banyak masukan dan insight dalam penyusunan visi misi objectives 2035 dan kurikulum 2022 yang berguna untuk peningkatan organisasi dan kompetensi mahasiswa.

Berikut dokumentasi kegiatan:

Opening speech oleh Gatot Soepriyanto PhD (Dean of FEC)

 

Hotel Management information from Trias Septyoari Putranto (Head of HM)

 

Business Hotel Management information from Arif Zulkarnain (Head of BHM)

 

Perwakilan dari industri dan asosiasi

 

Diskusi tim A perwakilan industri dan asosiasi

 

Diskusi tim A perwakilan industri dan asosiasi

 

Perwakilan dari akademisi dan vendor

 

Perwakilan tim B

 

Perwakilan alumni dan orang tua

 

Suasana FGD External Stakeholders

 

Suasana FGD External Stakeholders

 

Sesi foto bersama tim perwakilan alumni dan orang tua

 

Sesi foto bersama tim perwakilan industri dan asosiasi