Demi menjaga kualitas yang sesuai dengan standar internasional, BINUS Hotel Management berkomitmen untuk tetap mempertahankan The UNWTO TedQual Certification yang diperoleh pada 2018 lalu. The UNWTO TedQual adalah sertifikasi bertaraf internasional yang dikhususkan untuk Institusi pendidikan yang bergerak di bidang Hospitality dan Tourism yang dikeluarkan oleh United Nation World Tourism Organization (UNWTO). BINUS Hotel Management berhasil meraih UNWTO TedQual pertama pada Januari 2018 dan berlaku selama 4 tahun hingga Januari 2022. Perolehan 4 tahun merupakan pencapaian tertinggi untuk sertifikasi ini.

BINUS Hotel Management menjalankan proses renewal atau resertifikasi yang menjadi syarat wajib untuk mempertahankan TedQual. Proses resertifikasi berjalan secara online via Zoom meeting selama satu hari pada Rabu, 17 November 2021 dengan Dr. George Ubbelohde, CHA, CHE, CHT, CHIA sebagai asesor dari UNWTO Academy. Proses dilakukan via Zoom antara asesor dan peserta audit dimana tim BINUS Hotel Management tetap menjalankan secara onsite dari ruang Big Boardroom BINUS Anggrek lantai 2. Skema yang dipilih untuk resertifikasi pertama disebut sebagai Virtual Documentation Audit.

 

Proses dibagi menjadi dua bagian. Bagian pertama merupakan penjelasan dan klarifikasi untuk semua komponen dokumen audit yang diwakilkan 6 dosen BINUS Hotel Management yaitu Trias Septyoari Putranto, Rachel Dyah Wiastuti, Nurul Sukma Lestari, Dianka Wahyuningtias, Novita Indah Mulyaningrum, dan Dendy Rosman.

 

Tim perwakilan BINUS Hotel Management pada sesi pertama

 

Sesi pertama antara asesor dan Dekan FEC (Gatot Soepriyanto, PhD)

 

Sesi pertama antara asesor dan Head of HM

 

Sesi pertama antara asesor dan tim partnership- enrichment

 

Sesi pertama antara asesor dan tim kurikulum- pembelajaran

 

Sesi pertama antara asesor dan tim kurikulum- pembelajaran

 

Sesi pertama antara asesor dan tim penelitian- pengabidian masyarakat

 

Sedangkan bagian kedua merupakan proses virtual visit secara live untuk semua fasilitas BINUS Hotel Management seperti misalnya lab kitchen, lab pastry, lab restoran, lab front office, lab housekeeping, lab laundry, dan ruang kelas teori. Bagian ini bertujuan untuk memperlihatkan improvement apa saja yang telah dilakukan sejak 2018 hingga saat ini. Bagian kedua dipimpin oleh Farah Levyta dan Ichwan Masnadi selaku tim Laboratory di BINUS Hotel Management.

Virtual live audit untuk lab pastry

 

Virtual live audit untuk Creative Class (kelas teori)

 

Virtual live audit untuk lab restoran

 

Virtual live audit untuk lab front office

 

Terimakasih kepada asesor TedQual Dr. George Ubbelohde, CHA, CHE, CHT, CHIA dan seluruh tim BINUS yang mendukung terlaksananya resertifikasi TedQual. Semoga BINUS Hotel Management mendapatkan hasil yang terbaik pada 2022 mendatang.

Sesi virtual foto bersama di akhir proses resertifikasi

 

Sekilas mengenai TedQual

Quality Assurance for Tourism Education, Training and Research Programmes

UNWTO.TedQual is a UNWTO.Themis Foundation programme whose main objective is to improve the quality of the tourism education, training and research programmes. For this purpose, evaluation criteria– universally applicable to any institution – have been defined to seek, among other things, to measure the efficiency of their academic system, as well as their degree of incorporation of the tourism industry and students needs to those programmes. To this end, in 1998, the UNWTO Education and Training Department and the UNWTO.Themis Foundation created what is now the fundamental pillar of the Programme: the UNWTO.TedQual Certification System, which is composed of a series of evaluation criteria – universally applicable to any tourism education, training and research programme –  that makes it possible to measure the effectiveness of the pedagogical system as well as to which extent are covered the needs of the tourism sector, civil society and the students in such programmes.

Berita lengkap mengenai TedQual Certification dapat dilihat pada link berikut ini:

https://www.unwto.org/UNWTO-ted-qual

Daftar lengkap Perguruan Tinggi di seluruh dunia yang telah tersertifikasi oleh TedQual per Desember 2021 dapat dilihat pada link berikut ini:

https://www.unwto.org/institutions-unwtotedqual-certified-programmes