Pada hari selasa, 11 Januari 2022 jurusan Hotel Management mengadakan guest lecture untuk mata kuliah HTMN6005-Introduction to Hotel Operation Services, yang membahas tentang “Daily Operation at 3 Star Hotel” yang dilakukan secara virtual menggunakan aplikasi Zoom Meeting. Narasumber dari Batiqa Hotel Cirebon di wakili oleh Ibu Siti Humairoh selaku Hotel Manager. Lalu untuk perwakilan dosen dari BINUS terdapat Ibu Maria Pia Adiati (Mia), Bapak Ichwan Masnadi, dan Bapak Aditya Pratomo.

Pembukaan acara di awali dengan kata sambutan dari Ibu Mia dan dilanjut dengan penjelasan pengalaman dari ibu Siti Humairoh. Selanjut nya langsung acara materi yang membahas “Daily Operation at 3 Star Hotel”. membahas tentang “Daily Operation at 3 Star Hotel” yang dilakukan secara virtual menggunakan aplikasi Zoom Meeting. Narasumber Tim Batiqa hotel Cirebon di wakilkan oleh Ibu Siti Humairoh selaku Hotel Manager. Lalu untuk perwakilan dosen dari BINUS terdapat Ibu Maria Pia Adiati (Mia), Bapak Ichwan Masnadi, dan Bapak Aditya Pratomo.

Pembukaan acara di awali dengan kata sambutan dari Ibu Mia dan dilanjut dengan penjelasan pengalaman dari ibu Siti Humairoh. Selanjut nya langsung acara materi yang membahas “Daily Operation at 3 Star Hotel”.

Batiqa Hotel Cirebon adalah Indonesian brand hotel dibawah naungan holding group yang sama dengan Gran Melia hotel Jakarta. Hotel Batiqa termasuk brand yang baru di Indonesia yang sudah berdiri selama 8 tahun dan memiliki 8 hotel yang tersebar di Indonesia, seperti di daerah Karawang, Cirebon, Surabaya, Lampung, Jababeka, Palembang, Jayapura, dan Pekanbaru.

Logo Hotel Batiqa memiliki arti yaitu BATIK and grade A “Q”uality. Terinspirasi dari bunga blue orchid sehingga logo Batiqa berwarna biru. Lalu memiliki filosofi seperti kekuatan, ketenangan, dan kecantikan.

Ibu Iroh menjelaskan hubungan antara Front Office dengan department lainnya dalam operasional hotel dan keluhan apa yang sering muncul di Batiqa Hotel Cirebon , serta menjelaskan beda dari service di bintang 3, bintang 4 dan bintang 5.

Hotel bintang 3 memberi harga yang relatif murah, karyawan terbatas, memiliki kesan unik dan fasilitas yang sederhana. Walaupun hotel Batiqa Hotel Cirebon termasuk budget hotel, tetapi terdapat promo yang menarik untuk kostumer yang mengininkan kesan yang unik dengan mengadakan pesawat capung untuk kejutan yang di ingin kan seperti lamaran atau ucapan ulang tahun. Untuk hotel bintang 4, fasilitas lebih banyak dan luas hotel lebih luas dari hotel bintang 3.

Untuk hotel bintang 5 memberikan layanan tamu yang special, menyediakan berbagai macam fasilitas yang lengkap, memiliki menu makanan yang beragam, interior yang mewah, pelayanan kamar yang professional, dan juga akan sebanding dengan harga yang diberikan yang relatif mahal.

Setelah sesi Lecturing  selesai, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, kuis Kahoot , pemberian sertifikat apresiasi kepada Ibu Iroh serta foto bersama. Selamat untuk Wanda, Marcheline dan Lauvelia yang menjadi pemenang kuis dan mendapatkan merchandise dari Batiqa Hotel Cirebon. Terimakasih banyak Ibu Iroh untuk waktu dan ilmunya yang berharga.

Sesi tanya jawab
Sesi tanya jawab
Kuis Kahoot. Selamat untuk para pemenang.
Token of Appreciation
Foto bersama