Robot adalah sebuah alat mekanik yang dapat melakukan tugas fisik, baik menggunakan pengawasan dan kontrol manusia, ataupun menggunakan program yang telah didefinisikan terlebih dahulu. Robot biasanya digunakan untuk tugas yang berat, berbahaya, pekerjaan yang berulang dan kotor. Biasanya kebanyakan robot digunakan dalam bidang produksi. Tetapi kini beberapa hotel sudah menggunakan jasa robot. Berikut beberapa hotel di Indonesia dan di luar negara Indonesia yang sudah menggunakan jasa robot.

1.Grand Sahid Jaya Jakarta

Grand Sahid Jaya Jakarta adalah salah satu hotel di Indonesia yang sudah mulai menggunakan teknologi Automated Robot Food Server dan sejumlah inovasi ramah energi. Berawal adanya Pandemi di tahun 2020, Hotel grand sahid jaya ingin membuat inovasi yang nyaman untuk tamu-tamu nya jika menghadiri acara-acara berskala besar di hotel seperti Pernikahan, Seminar, Pameran dll. Hadir pertama di Grand Sahid Jaya Jakarta, Puri Agung Grand Ballroom menyediakan layanan Automated Robotic Food Servers. Inovasi ini diharapkan dapat memberikan rasa aman dalam berjaga jarak secara fisik, menjaga dan meningkatkan kebersihan bagi para tamu dan mengurangi potensi makanan berlebih.

2.JHL Solitaire Gading Serpong

JHL Solitaire Hotel adalah salah satu hotel di Indonesia juga yang sudah mulai mengedepankan teknologi. Hotel bintang lima di Kawasan Gading Sepong Tangerang ini menjadi yang pertama di Indonesia dalam menghadirkan Disinfectant Robot dan Waiter Robot. JHL Solitaire Hotel Gading Serpong menggunakan Disinfectant Robot yang mengaplikasikan mode UV-C dan dry mist untuk memastikan lingkungan aman. Inovasi teknologi hadir di hospitality industry untuk beradaptasi dengan kebutuhan manusia terhadap kondisi aman pada fase after pandemic. Menjaga jarak hinga meminimalisir kontak fisik jadi sederet upaya dalam menekan transmisi virus.

  1. Harris Vertu Harmoni

Tak mau kalah dari hotel-hotel di Indonesia lainnya yang sudah menggunakan teknologi robot. Hotel Harris Vertu Harmoni pun mulai terus menerapkan serangkaian inovasi teknologi untuk mendukung strategi SMARTyaitu Smart technology, Smart marketing, Smart employees & Smart environment. Salah satu implementasi teknologi terbaru adalah robot pembersih bernama Mr. Clean. Robot ini dilengkapi dengan kecerdasan buatan dan dapat membersihkan lantai. Mr. Clean bekerja bersama tim kebersihan dan melengkapi kegiatan pembersihan berkualitas tinggi. Mr. Clean adalah robot otomatis, yang melakukan pembersihan lantai sehari-hari di area lobby hotel. Fungsi utama Mr. Clean ini adalah sebagai alat penyedot debu yang efisien dan sanitasi lantai tanpa sentuhan. Berkat mode otomatis yang menggunakan teknologi seperti sensor inframerah, sensor ultrasonik, dan kecerdasan buatan, Mr. Clean membersihkan secara mandiri dengan standar serta kualitas profesional.

4.Pullman Bandung Grand Central

Pullman Bandung Grand Central menghadirkan robot dengan teknologi artificial intelligence (AI) bernama Mano The Robot sebagai lobby ambassador. Sebagai lobby ambassador, Mano menyediakan beragam informasi lengkap mengenai fasilitas hotel dan tempat wisata di sekitar Bandung bagi tamu Pullman Bandung Grand Central. Mano juga bisa mengenali wajah dan bertukar interaksi suara dengan pengunjung. Selain itu, Mano juga didesain menjadi robot yang pemberani, cerdas, dan pekerja keras. Oleh sebab itu, Mano akan tersedia selama 24 jam di area lobi Pullman Bandung Grand Central.

Diatas adalah beberapa contoh hotel-hotel di Indonesia yang menggunakan teknologi robot. Berikut beberapa contoh hotel-hotel di luar Indonesia yang menggunakan teknologi robot;

  1. Trio Hotel Healdsburg California

Hotel Trio di Healdsburg California mempunyai sistem layanan baru untuk mengantarkan wine ke kamar-kamar tamu. Pihak hotel akan mengantarkan wine ke kamar tanpa menyentuhnya sedikit pun karena menggunakan robot. Robot tersebut pun memiliki nama Rose the Robot. Rose the Robot juga ternyara merupakan kepala layanan robot. Tak hanya untuk mengantarkan wine, rose juga mengantarkan kebutuhan tamu lainnya. Seperti makanan ringan, handuk ekstra, perlengkapan mandi dan kebutuhan lainnya yang dibutuhkan tamu lainnya. Setiap Rose mengantakan wine atau yang lainnya Rose akan selalu berbunyi pesan otomatis “Saya sedang mengantarkan pesanan tamu”.

  1. Sky Hotel Afrika

Hotel Sky di Afrika ini mempekerjakan 3 robot untuk melayani tamunya. Robot tersebut juga memiliki nama, yaitu Lexi, Micah dan Ariel. Ketiga robot itu dipekerjakan sebagai cara untuk meminimalisasi kontak antara staf hotel dan tamu yang ingin menginap. Ketiga robot bertugas untuk melayani tamu yang ingin menginap, mulai dari memberikan layanan kamar, memberikan informasi perjalanan, hingga membawa barang-barang para tamu ke dalam kamar. Dan hotel ini pun mempunyai aplikasi untuk mempermudah para tamu. Seperti contohnya untuk check-in mandiri, memesan makanan dan hingga menghubungi staf hotel.

 

Ternyata penggunaan robot sudah dipakai di industri perhotelan dan Indonesia juga sudah mulai dipakai.Kalau kamu apakah suka jika ada robot yang melayani tamu di hotel tempat kamu menginap?