BINUS University mempunyai program GLOBAL LEARNING SYSTEM (GLS) dimana para partner dari luar BINUS dapat memberikan materi / diskusi untuk topik tertentu dan pemberian materi dilakukan lewat posting forum via BINUSMAYA. Selain itu untuk pemberian materinya juga dapat diberikan lewat webinar/ guest lecture secara langsung.

Di semester genap 2022/2023 ini, salah satu mata kuliah yang masuk dalam program GLS ini adalah Room Division Management yang berlokasi di kampus BINUS@Bekasi. Untuk mendapatkan insight terbaru tentang operasional hotel, maka sharing session dengan topik “Digital Transformation in Hospitality Industry” yang dibawakan oleh Stella Nathalia Ignacia (salah 1 alumni BINUS Hotel Management yang sedang menempuh Pendidikan S2 di Les Roches Hospitality School, Swiss). Stella yang sebelumnya adalah Rooms Management Trainee di Ayana Resort pada periode 2017-2020 serta bekerja di Human Resources Department sebelum keberangkatannya melanjutkan studi, ia membagikan pengalamannya saat melakukan field trip ke Korea dan menyaksikan penerapan teknologi di operasional hotel. Sesi ini dihadiri oleh mahasiswa Business Hotel Management semester 4.

Di Korea, beberapa hotel yang melakukan digital transformation dan menggunakan teknologi adalah :

  1. Novotel Dongdemun
  • Item-delivery robot
  • AI Concierge
  • Digital Assistant
  • Room Control QR

Henn-Na Hotel

  • Check-in Robot
  • Dinosaur Greeters
  • Item-delivery Robot

Four Season

  • The Indoor Virtual Golf
  • Chatting App – Guest Chat
  • Digital Keys
  • Medallia – Guest Survey Experience

Di Korea, selain hotel yang menggunakan teknologi, juga ditemukan di Airport. Ada Robot yang bernama Airstar Robot. Robot ini memiliki kecanggihan dapat berkomunikasi dengan orang dan menunjukkan tempat serta mengantarnya. Airstar Robot juga dapat mengeluarkan ekspresi di wajah robot seperti senang atau tersenyum dan di akhir percakapan, Airstar Robot dapat mencetak kartu ucapan sebagai souvenir menggunakan jasa Airstar Robot.

Contoh lain penerapan digital technology adalah di Café Shop yang bernama Botbotbot Café terdapat beberapa jenis robot yang dapat melakukan pelayanan seperti:

  • Cake Drawing Robot
  • Bartender Robot

Selain Botbotbot Café , ada juga Super Matcha Cafe yang mengkhususkan untuk produk matcha dan menggunakan robot:

  • Matcha-stirring Robot

Setelah pemaparan materi oleh Stella, dilanjutkan Sesi Tanya Jawab dan foto Bersama sebagai kenang-kenangan.

Terimakasih untuk sharingnya yang berharga tentang transformasi digital.

Menurut kamu apakah industri perhotelan akan semua terganti oleh robot / teknologi?