“DIGITAL TRANSFORMATION IN HOSPITALITY”, A SHARING SESSION FROM ALUMNAE
Setelah melakukan sharing session di kampus Binus Bekasi pada minggu sebelumnya, maka pada tanggal 28 Februari 2023 di Binus Kemanggisan juga diadakan sharing session kembali dengan salah satu alumni jurusan Hotel Management yang bernama Stella Nathalia Ignacia. Stella adalah salah satu alumni di jurusan Hotel Management yang sekarang sedang menempuh S2 di Les Roches Hospitality School, Swiss.
Sebelum nya Stella juga bekerja sebagai Room Management Trainee di Ayana resort tahun 2017-2020. Sebelum berangkat untuk melanjutkan studi S2 nya di swiss, Stella menyempatkan untuk membagikan pengalamannya saat melakukan trip di Korea dan membagikan pengalamannya tentang penerapan teknologi yang beroperasi di Hotel. Sharing session ini dilakukan di kelas Housekeeping Management.di hadiri oleh mahasiswa peminatan Hotel Operation Service Semester 3, Hotel Management Binus Kemanggisan.
Berikut kita bahas untuk beberapa penerapan teknologi/digital transformation beberapa Hotel di korea :
- Novotel Dongdemun
- Item-delivery robot
- AI Concierge
Melalui teknologi ini nantinya para pemilik hotel bisa memprediksi momen ketika kamar-kamar terisi penuh melalui analisis AI berdasarkan tren check in para tamu. Teknologi ini juga bisa menentukan dengan tepat keluhan tamu dan melihatnya dari cabang dan kamar mana keluhan tersebut berasal sehingga bisa langsung ditindak lanjuti.
- Digital Assistant
- Room Control QR
- Henn-Na Hotel
- Check-in Robot
- Dinosaur Greeters
- Item-delivery Robot
- Four Season
- The Indoor Virtual Golf
- Chatting App – Guest Chat
- Digital Keys
- Medallia – Guest Survey Experience
Di korea juga selain hotel yang menggunakan teknologi yaitu ada Airport, Airport korea memiliki robot bernama Airstar Robot. Airstar robot ini memiliki kecanggihan dengan cara berkomunikasi dengan orang dan bias menunjukan tempat lalu mengantarnya. Airstar juga bisa mengubah ekspresi wajahnya. Dengan ekspresi senang atau sedih di akhir percakapan. Airstar robot juga bisa mencetak kartu ucapan sebagai souvenir.
Contoh lain untuk penerapan digital technology di korea salah satunya di Café Shop yang bernama Botbotbot Café terdapat beberapa jenis robot yang dapat melakukan pelayanan seperti:
- Cake Drawing Robot
- Bartender Robot
Selain Botbotbot Café yang memiliki teknologi untuk café nya, ada juga Super Matcha Cafe yang mengkhususkan untuk produk matcha dan menggunakan robot:
- Matcha-stirring Robot
Setelah melakukan sharing session materi oleh Stella lalu dilanjutkan Sesi Tanya Jawab dan foto Bersama sebagai kenang-kenangan.
Terima kasih Stella untuk sharing session tentang transformasi digital di dunia hospitality yang sudah banyak diterapkan di Korea.
Comments :