Binus Hotel Management kembali melakukan Sharing Session, dengan judul “Coffe Cupping” yang merupakan bagian dari mata kuliah The Art of Wine and Coffee pada tanggal 15 Maret 2023 di BINUS Kemanggisan. Acara Sharing Session ini kembali di lakukan dengan salah satu alumni jurusan Hotel Management yang bernama Rendy Sumara. Rendy Sumara adalah Binusian 2016 dan Owner Kedai Kopi Semangat yang berada di Bekasi.

Untuk pembahasan tentang Sharing Session hari ini adalah tentang Coffe Cupping, Coffe Cupping adalah proses mengobservasi rasa atau mungkin sering di sebut juga Coffe Tasting. Sebelum kopi disediakan, kopi itu akan di cupping atau dicicip beberapa kali. Mengapa coffe cupping itu sangat penting, jadi mencicipi kopi adalah untuk menetapkan konsistensi karakteristik dari kopi itu sendiri sebelum notes nya dituliskan secara resmi. Untuk melakukan tasting bisa dilakukan dengan dua cara: 1. Yang pertama dengan cara di hirup aroma kopi nya dan

2. Yang kedua dengan cara di cicipi meggunakan sendok langsung ke mulut.

Caranya kopi akan diseduh dengan air hangat atau dikenal dengan istilah brewing. Untuk waktu penyeduhan kopi ini memerlukan waktu empat menit untuk mengekstrak bubuk kopi ke dalam air panas. Durasinya bisa saja lebih lama, sekitar 8-16 menit, tergantung biji kopi yang digunakan. Setelah empat menit, menghirup aroma kopi akan kembali dilakukan. Tujuannya, mengetahui apakah ada perbedaan dari kopi yang belum diseduh dan sesudahnya. Lalu untuk cara mengaduk kopi dalam cupping tidak boleh sembarangan, sendok dalam gelas bisa diaduk ke arah depan agar rasa yang dikeluarkan lebih kuat.

Dalam pekerjaan Coffee Cupping, ada notes yang harus di tulis untuk menuliskan notes yang mereka dapatkan dalam sebuah kertas tabel. Masing-masing proses membutuhkan kertas tabel yang berbeda-beda pula. Kertas notes tersebut untuk memberikan nilai nilai dalam karakterisktik beberapa kopi yang di cupping. Karna kopi mempunyai karakterisktik yang berbeda, seperti Sweetness and Acidity.

Dan ini beberapa point pembelajaran dari Workshop Coffee Cupping:

1.Observing the Quality of Coffee Beans

2.Learning the fundamentals

3.Aroma smell testing

4.Flavour and texture testing

 

Proses Coffee Cupping

 

Proses Coffee Cupping

 

Peralatan untuk Coffee Cupping

 

Rendy Sumara dan Dosen Coffee and Wine sedang menjelaskan tentang Coffee Cupping

 

Kopi dan peralatan

 

 

Penutupan Coffee Cupping

 

Macam-macam biji kopi