FlyZoo Hotel adalah hotel milik Alibaba yang berada di Hangzhou, China. Mungkin banyak yang belum tau tentang Alibaba atau belum banyak yang tahu kalau Alibaba memiliki hotel. Alibaba adalah  sebagai perusahaan e-commerce, tetapi selain memiliki perusahaan e-commerce Alibaba juga memiliki usaha seperti layanan perjalanan (Fliggy), logistic (Cainiao) dan supermarket (Freshippo). Untuk hotel ini juga Alibaba baru merintis dan dibuka pada akhir tahun 2018 di dekat kantor pusat Alibaba sendiri, yaitu di Hangzhou China.

Melalui hotel ini Alibaba mengenalkan manfaat teknologi untuk pelayanan industry terutama di bidang perhotelan. Hotel Flyzoo mewakili upaya Alibaba untuk menetapkan tolok ukur masa depan di bidang perhotelan dengan menciptakan prototipe yang memadukan keramahan dengan teknologi digital bagi pengunjung. Pembelajaran dan pengalaman teknologi yang diperoleh oleh FlyZoo Hotel akan memberikan wawasan yang sangat berharga kepada para pemain industri perhotelan, untuk membantu mereka meningkatkan pengalaman menginap di hotel ke level yang lebih tinggi.

Memiliki nama yang unik yaitu FlyZoo Hotel ternyata mempunyai alasan tersendiri, yaitu karna perusahaan Alibaba sering kali menggunakan karakter hewan untuk logo bisnisnya, dan nama Zoo sendiri dari perpaduan semua hewan atau unit usaha dibawah naungan Alibaba. Hotel yang di buka pada 18 Desember 2018 ini memiliki konsep sebutan “hotel masa depan” dan untuk kamarnya sendiri terdiri dari 290 kamar yang dilengkapi dengan system pengenalan wajah tamu. Untuk harganya sendiri FlyZoo memiliki rate harga dari mulai kamar tipe Deluxe Rp. 1.500.000/3.300.000 , untuk tipe Luxury Suite sendiri di harga Rp. 5.300.000/5.400.000.

FlyZoo adalah merupakan salah satu hotel tercanggih, mari kita bahas canggihnya teknologi di FlyZoo Hotel:

1.Memiliki Layar Canggih

Pada awal memasuki FlyZoo sudah terasa kecanggihan hotel tersebut, di lobby utama hotel terdapat sebuah layer besar yang menyambut kedatangan tamu. Terdapat keunikan pada layer besar tersebut yaitu dapat memdeteksi orang di depannya, begitu ada tamu yang dating di depan layer tersebut akan ada tulisan “Welcome to FlyZoo Hotel”.

 

2.Self Check-in

Kecanggihan FlyZoo Hotel bukan terletak pada layarnya saja, saat melakukan check-in. Proses check-in yang tidak lagi melibatkan petugas, melainkan dengan cara “self check-in” yang dapat di lakukan oleh tamu sendiri, tersedia beberapa kios untuk melakukan self check-in di lobby hotel. Untuk melakukan self check-in tamu di minta memindai kartu identitas (seperti KTP atau Paspor) lalu berpose untuk diambil foto oleh mesin check-in tersebut. Setelah itu proses check-in pun selesai dan tamu bisa langsung masuk ke kamar.

 

3.Kunci Menggunakan Wajah

Di FlyZoo Hotel ini tamu sudah tidak lagi mendapatkan kunci, Karna FlyZoo hotel ini melakukan self checkin dan pada proses self checkin oleh mesin check-in di awal ini sangat penting karena wajah tamu pada dasarnya akan menjadi “kunci” kamar, sebagai gantinya wajah tamu akan menjadi indentifikasi untuk memasuki kamar dan berbagai fasilitas di FlyZoo Hotel tersebut. Contohnya saat naik lift menuju kamar, saat tamu masuk lift kamera di lift langsung akan men-scan wajah tamu dan secara otomatis naik menuju lantai kamar tamu tersebut. Wajah juga yang menjadi kunci masuk ke kamar, pintu kamar memiliki kamera yang akan men-scan wajah tamu, jika cocok dengan foto saat check-in maka secara otomatis pintu kamar akan terbuka.

Face recognition di lift.

 

Face recognition sebagai pengganti kunci kamar.

4.Speaker Pintar

Pada saat tamu ada di kamar, tamu akan di temani personal assistant alias speaker pintar yang memiliki nama Tmall Genie. Speaker pintar ini mirip robot Alexa-nya Amazon tapi dalam bentuk Speaker, di mana para tamu bisa menyuruh Tmall Genie memberikan perintah menggunakan suara. Tmall Genie ini terhubung dengan berbagai fasilitas yang ada di kamar. Seperti lampu, televisi dan gorden. Jika tamu ingin menutup gorden, tamu hanya tinggal berbicara “Tmall Genie, tolong tutup gorden”.

 

5.Robot Bellboy

FlyZoo Hotel juga memiliki robot untuk melayani tamu. Bagi tamu yang membutuhkan bantuan bisa menggunakan jasa Robot Bellboy yang ada di FlyZoo Hotel ini. Caranya tamu hanya tinggal menghubungi Front Office dan sebutkan membutuhkan bantuan apa. Bantuan yang bisa di lakukan robot bellboy ini seperti mengantarkan handuk tambahan, mengantarkan amenities, mangantarkan makanan namun dengan satu catatan, makanan yang bisa diantar robot adalah makanan yang tidak menggunakan kuah. Robot ini dilengkapi kemampuan bernavigasi menyusuri kamar hotel. Saat tiba di depan kamar, robot akan mengontak speaker pintar di kamar dan speaker akan memberi tahu kepada tamu. Barang kebutuhan disimpan di kantong depan robot, dan hanya bisa dibuka menggunakan nomor PIN yang dikirimkan ke tamu.

6.Robot Bartender

Selain robot bellboy, FlyZoo Hotel juga memiliki robot di bar. Robot berbentuk lengan ini dapat digunakan membuat berbagai minuman, mulai dari kopi, martini, sampai gin.

 

7.Gym Pintar

Jika ada tamu yang sedang berolahraga maka FlyZoo Hotel memiliki gym dengan fasilitas menarik. Salah satunya dari gym menarik ini adalah permainan interaktif menggunakan layar lebar, sensor gerak dan sensor sentuh. Tamu juga bisa merasakan sensasi bersepeda di alam karena static bike di gym ini dilengkapi dengan layar yang menggambarkan suasa luar ruangan.

Jika anda ingin memesan kamar di FlyZoo Hotel bisa melalui layanan pemesanan hotel seperti Traveloka dan aplikasi-aplikasi lainnya.

 

Sumber :

https://teknologi.bisnis.com/read/20190927/84/1152990/mengintip-flyzoo-hotel-futuristik-besutan-alibaba

https://www.marketeers.com/melihat-kecanggihan-hotel-masa-depan-alibaba/