Pada tanggal 29 Mei 2023, di Binus Kemanggisan mengadakan lagi event Guest Lecture untuk jurusan Hotel Management Binusian 25 dan Business Hotel Management 25. Untuk event Guest Lecture kali ini Hotel Management mengundang salah satu alumni Hotel Management 2014, yaitu Mr.Darwin Yulio. Mr.Darwin Yulio adalah Sales Manager di Fairmont Jakarta. Fairmont Jakarta adalah salah satu hotel 5 star di Jakarta. Pada event kali ini juga di hadiri oleh Bapak Dr.Arif Zulkarnain SE., M.M, CHE (Head of Hotel Management) serta beberapa dosen-dosen dari jurusan Hotel Management Kemanggisan dan Business Hotel Management Bekasi.

Opening Speech by Mr. Arief Zulkarnain (Head of Hotel Management)
Ibu Tiur as the Subject Content Coordinator, opens the Lecturing Session.

Mata Kuliah Marketing Management in Hospitality merupakan mata kuliah yang termasuk dalam program Global Learning System, dimana partner dapat memberikan materi di dalam LMS BinusMaya ataupun mengadakan Guest Lecture Session. Pada tema Guest Lecture kali ini adalah Sales Promotion. Sales Promotion adalah hal paling penting di industry Perhotelan. Dalam event ini Mr.Darwin banyak menjelaskan kepada mahasiswa/i hotel management bagaimana tentang Sales dalam industry Pehotelan secara detail dan jelas. Seperti contohnya peran dan tanggung jawab sales hotel. Tugas utama seorang sales hotel adalah memasarkan paket menginap atau paket event wedding, breakfast, lunch ataupun dinner kepada target pasar yang sesuai. Lalu  memberikan simulasi hitungan biaya yang harus dikeluarkan dan menjelaskan manfaat yang akan diperoleh dari paket hotel tertentu. Merekap hasil penjualan yang telah dilakukan secara detail, hal ini perlu dilakukan utntuk kemudahan evaluasi oleh Sales Manager ataupun tim lain yang terkait dengan tim Sales. Mencari dan mengumpulkan informasi yang berkaitan dengan pesaing ataupun info tentang customer agar bisa memberikan promo yang menarik. Informasi tersebut, nantinya bisa diteruskan ke bagian bidang produksi untuk bisa ditindaklanjuti atau menerapkan strategi lain dalam memproduksi paket hotel.

Menetapkan rencana dan strategi yang harus dilakukan kedepannya, yang tidak hanya dilakukan oleh sales sendirian, tapi dibutuhkan juga peran dari Sales Manager dan tim sehingga bisa merencanakan hal yang akan dilakukan berdasarkan kondisi di lapangan atau target pasar. Mempunyai wawasan dan relasi yang luas untuk mempermudah penjualan paket hotel serta menjamin kepuasan klien/guest. Menjalin komunikasi dengan klien/guest dan mitra bisnis secara berkala, Seorang sales pastinya akan selalu bertemu dengan orang-orang baru, entah itu relasi atau konsumen langsung. Maka dari itu, sangat penting untuk menjaga hubungan baik agar bisnis dengan mereka bisa bertahan lama. Profesi seorang sales juga memberikan panduan mengenai pemanfaatan hotel beserta fasilitasnya kepada publik yang dalam hal ini adalah guest maupun perusahaan. Product yang ditawarkan oleh sebuah hotel beraneka ragam, antara lain yang memiliki core benefit, yang mendasar yaitu jasa penginapan dengan menyediakan kamar. Sales juga menjelaskan secara detail tentang hotel kepada klien/guest, tentang facilitating services hotel atau layanan pendukung, berupa Front Office, Housekeeping, Kitchen, parkir, restoran, fasilitas olahraga, renang, tenis lapangan, fitnes, business center, ruang meeting dan venue yang bisa disewa untuk acara-acara besar seperti resepsi pernikahan maupun seminar. Tak ketinggalan, sales hotel juga memberikan penawaran untuk paket santapan restaurant untuk kebutuhan klien. Jadi, laku atau tidaknya hotel tersebut juga bergantung pada kesuksesan kinerja sales.

Tidak hanya itu, Mr.Darwin juga menjelaskan tentang keterampilan seorang sales. Keterampilan sales adalah memahami semua tentang hotel secara terperinci, seorang sales yang tidak mengerti benar tentang yang akan mereka tawarkan ke seorang klien mereka akan sulit menggaet hati calon-calon klien atau perusahaan yang akan bekerjasama. Maka dari itu, Mr.Darwin juga menjelaskan harus memahami secara detail tentang apa saja yang ada di hotel tersebut untuk seorang sales. Dan dalam kesempatan kali ini juga Mr.Darwin serta Bapak Dr.Arif Zulkarnain SE., M.M, CHE (Head of Hotel Management) mengajak mahasiswa/i untuk sesi tanya jawab pada event ini dan banyak berbagi informasi tentang industry Perhotelan.

Discussion Session, assisted by Mr. Arief.