Binus Hotel Management mengadakan acara seminar tentang Waste Management yang berlokasi di Hotel Santika Premiere, Slipi, Jakarta dengan mendatangkan narasumber dari Mandarin Oriental Hotel Group (MOHG) dan juga dari Kertabumi recycling center. Acara yang diadakan pada tanggal 18 April 2024 ini dihadiri oleh segenap jajaran dosen dan juga para mahasiswa/i Binus University.

Industri pariwisata telah berkembang dengan pesat, tetapi peningkatan ini juga membawa tantangan baru terhadap keberlanjutan lingkungan. Seminar ini menjadi forum untuk berbagi ide dan pengalaman tentang cara mengintegrasikan praktik-praktik ramah lingkungan ke dalam operasi hotel, dengan fokus pada aspek-aspek seperti pengelolaan limbah, efisiensi energi, konservasi air, dan promosi budaya lokal.

Para pembicara  dari segmen industri  hadir untuk berbagi pengetahuan mereka. Diantaranya:

  1. Junhyeok Choi, FB Director Mandarin Oriental Jakarta: yang memberikan wawasan tentang hotel Mandarin Oriental Jakarta yang sudah mengimplementasikan penggunaan bahan non plastik dan ramah lingkungan.  Contohnya penggunaan botol kaca yang disediakan untuk tamu di kamar, kemasan shampoo dan sabun dalam bentuk besar .
  2. Yogie Ramadhan, Safe and Sound Assistant Manager Mandarin Oriental Hotel jakarta: memberikan wawasan terkait penghematan energi Listrik di Hotel Mandarin Oriental Jakarta, serta cara mengatasi limbah elektronik dimana bekerjasama dengan beberapa vendor.  Contoh limbah elektronik yaitu baterai
  3. Ikbal Alexander, Waste Management Director Kertabumi Recycling Center ; memberikan wawasan dimana limbah industry khususnya perhotelan bisa di olah menjadi berbagai macam produk.  Sampah organik yang dihasilkan industry bisa dibuat pupuk, pakan ternak seperti lele dan ayam.  Untuk sampah plastic sendiri bisa dibuat furniture, dompet, sendal, dan lainyya

Selain sesi-sesi presentasi, ada juga diskusi panel yang melibatkan peserta untuk bertukar pikiran dan mencari solusi bersama. Acara ini juga mencakup pameran produk-produk dan layanan-layanan yang mendukung praktik-praktik berkelanjutan di industri hotel.

Para dosen dan para mahasiswa/i mendapatkan banyak pengetahuan yang menarik dan sangat berharga dalam acara seminar waste management ini, menjadi salah satu pengalaman yang bermanfaat untuk diri sendiri dan lingkungan sekitarnya.