Pada tanggal 29 Januari 2014, Jurusan Hotel Management Universitas Binus mengundang General Manager dari Hotel Mercure, Jakarta Kota, yaitu Bpk Endrian Hananto sebagai guest lecture untuk membawakan topik berjudul Leadership and Management. Topik yang dibawakan beliau merupakan pendalaman materi dari salah satu sesi mata kuliah Introduction to Hospitality and Operational Services yang diajarkan pada semester 1. Bapak Agung Gita Subakti, SST, MM selaku FM-SCC dari rumpun General Tourism and Hospitality Core Subject bersama Team Teaching yaitu Ibu Maria Pia Adiati, SST, Par, M. Par, Ibu Yulia Lintang Kawuryan, SST, Par, M. Par, dan Ibu Rachel Dyah Wiastuti, SST, Par, mengikutsertakan beberapa mahasiswa/i Hotel Management semester 1 untuk membentuk tim guna mensukseskan acara tersebut. Keikutsertaan Mahasiswa/i Hotel Management juga ditujukan agar mereka sejak dini sudah mempelajari cara untuk membuat satu event yang baik.

GM Team Teaching and StudentsGambar 1 Mahasiswa Hotel Management berpose bersama Bpk Endrian Hananto

Acara tersebut dimulai pada pukul 09.00 sampai selesai, yang bertempat di ruang auditorium kampus BINUS Anggrek. Pada saat Bpk. Endrian Hananto tiba di ruang Auditorium, beliau disambut oleh Ibu Dr Vitria Ariani, A. Par, PGDip, M,Sc selaku Ketua Jurusan Hotel Management BINUS University. Acara kemudian dilanjutkan dengan acoustic performance dan sulap yang dibawakan oleh mahasiswa Hotel Management BINUS University. Setelah penampilan dari mahasiswa, tibalah acara yang ditunggu-tunggu yaitu seminar mengenai Leadership and Management oleh Bpk. Endrian Hananto. Pembukaan seminar dimulai dengan cerita tentang jejak karir pertama hingga menjabat sebagai General Manager.

Pak Endrian Hananto and Ibu RiaGambar 2 Bpk Endrian Hananto dan ketua jurusan Hotel Management, Ibu Vitria Ariani

Berikut adalah perjalanan karir Bpk Endrian Hananto:
– 1995: Bekerja di Kafe Regal sebagai waiter dan bartender.
– 1996 : Lintas Melawai Kafe sebagai bartender.
– 1996 : Oriental Wok-Puri Indah Mall sebagai Store Supervisor.
– 1996 – 1997: Mie Gunting Restaurant sebagai Asst. Store Manager.
– 1997 – 2001: Aston Sudirman Suites Hotel sebagai Front Desk-Supervisor.
– 2001 : Duty Manager di Hotel IBIS Slipi ; 2003 : Asst.Front Office Manager ; 2004 : Front Office Manager; 2005 – 2007 : Room Division Manager.
– 2007 – 2009 : Novotel Batam sebagai Executive Assistant Manager.
– 2009 – 2010 : Resident Manager di Novotel Bali Nusa Dua.
– 2010-2012 : General Manager di Hotel Mercure Pontianak.
– 2012 hingga saat ini, menjabat sebagai General Manager di Hotel Mercure Jakarta Kota.
Beliau mengatakan bahwa Management Hotel by Accor memiliki banyak cabang di Indonesia dengan jenis hotel yang sangat beragam, sehingga peluang untuk meniti karir sebagai seorang manager pun sangat besar dan pengalaman untuk dikirim ke kota-kota lain pun lebih besar dibandingkan dengan hotel-hotel yang lain.

Pemberian PlakatGambar 3 Pemberian plakat kepada Bpk Endrian oleh Bpk Agung Subakti

Begitulah tahap kesuksesan Bpk Endrian Hananto yang merupakan sosok penuh kerja keras dan tidak pantang menyerah. Setelah melewati 13 tahun meniti karir di bidang Industri perhotelan, barulah beliau mencapai karir yang diinginkan yaitu menjabat sebagai Manager Hotel. Hotel didirikan untuk menyediakan penginapan dan dibayar dalam jangka pendek. Sikap disiplin merupakan sikap yang sangat penting dan dibutuhkan untuk bekerja di bidang Hospitality. Bekerja di lingkungan hospitality membutuhkan pengetahuan (knowledge) yang sangat tinggi. Leadership adalah suatu proses memengaruhi orang lain untuk mencapai suatu tujuan dengan sukarela. Seorang pemimpin yang baik harus memiliki karakterisitik leadership yang baik. Jadi kesimpulannya adalah bahwa leadership dan management sangat berperan penting didalam berdirinya suatu hotel ataupun perusahaan yang sukses dan terus berkembang dari masa ke masa.

Agung Gita Subakti, SST, MM

Maria Pia Adiati, SST, Par, M. Par

Yulia Lintang Kawuryan, SST, Par, M. Par

Rachel Dyah Wiastuti, SST, Par