People Innovation Excellence
 

THE WINNER OF MIXOLOGY COMPETITION HM ANNUAL 2016

“A GRANDE VICTORY”

Setiap tahun, mahasiswa-mahasiswi Hotel Management Universitas Bina Nusantara mengadakan kegiatan perlombaan di bidang hospitality, dengan acara yang bernama HM (Hotel Management) Annual. Di tahun 2016, HM Annual hadir dengan tema “Soul of Nation”, yang diselenggarakan oleh Hotel Management B2016. Kompetisi yang diadakan antara lain Fruit Carvin Competition, Hot Cooking Competition, Cake Decoration Competition, Making Bed & Towel Art Competition, Table Set-Up Competition, dan Coffeeology Competition

Awalnya saya diajak oleh salah seorang teman saya untuk ikut meramaikan acara ini dengan mengikuti salah satu perlombaan, namun saya menolaknya karena saya sendiri masih ada project yang deadline-nya sudah di depan mata. Akan tetapi dibawah dukungan dosen dan teman-teman lain, saya akhirnya memutuskan untuk mendaftarkan diri saya di lomba Mixology.

Sebelumnya saya sudah berpengalaman mengikuti lomba Mixology. Di semester 4 lalu, saya mengikuti Mixology Competition di ajang Asia Pasific Starwood Career Month 2015, dan mendapatkan Juara II dalam perlombaan tersebut. Kali ini, saya mencoba keberuntungan saya sekali lagi dengan mengikuti lomba Mixology yang diadakan HM Annual 2016

Sesi foto Juri bersama pemenang; Juara I (kedua dari kanan) – Elvi Lidyana Juara II (tengah) – Muhammad Firdan Juara III (kedua dari kiri) – Alfa Dexy Visser
Sesi foto Juri bersama pemenang;
Juara I (kedua dari kanan) – Elvi Lidyana
Juara II (tengah) – Muhammad Firdan
Juara III (kedua dari kiri) – Alfa Dexy Visser

Mixology yang diadakan HM Annual 2016 ini berbeda dengan Mixology Competition yang pernah saya ikuti. Tema besar Mixology Competition HM Annual ini adalah “Indonesia Coffeeology Art with Herb and Spices”, yang artinya kita harus menciptakan minuman dengan bahan dasar kopi, serta tambahan rempah-rempah yang diberikan oleh panitia penyelenggara lomba. Peserta lomba hanya diikuti oleh internal mahasiswa Jurusan Hotel Management Universitas Bina Nusantara dan tidak terbuka untuk institusi lain

H-1 lomba, saya baru memilih bahan-bahan yang akan saya gunakan. Kemudian saya pun pergi belanja bahan-bahan yang diperuntukkan latihan. Waktu latihan saya di laboratorium restoran Hotel Management di kampus Anggrek Universitas Bina Nusantara hanya dalam kurang lebih 20 menit, dikarenakan laboratorium tersebut dipakai oleh kelas praktek. Namun saya merasa sudah cukup puas dengan latihan tersebut. Sehingga saya pun pulang dan mempersiapkan diri untuk lomba di hari esok.

Elvi Lidyana (1701289606) Juara I Mixology Competition -Coffeology HM Annual 2016 “Soul of Nation”
Elvi Lidyana (1701289606)
Juara I Mixology Competition -Coffeology
HM Annual 2016 “Soul of Nation”

Pada tanggal 25 Mei 2016, Mixology competition ini diadakan. Saya mendapatkan urutan ke 3 untuk tampil. Nama dari minuman yang saya buat adalah ‘Cinnabonnuit’, yang menggunakan bahan dasar kopi dicampur dengan susu kedelai perisa coklat serta bubuk kayu manis dan daun mint. Saya mengkreasikan minuman tersebut di depan dua juri dengan sebaik-baiknya, dan kemudian saya mempresentasikan minuman tersebut kepada kedua juri, serta memberi sedikit ulasan mengapa saya membuat minuman tersebut.

‘Cinnabonnuit’ datang dari 2 kata, yaitu ‘cinnamon’, yang berarti kayu manis dalam bahasa inggris dan ‘bonne nuit’, yang berarti selamat malam atau selamat tidur dalam bahasa perancis. Minuman kopi yang saya buat sangatlah cocok untuk diminum di sore hari, karena bisa merilekskan tubuh yang letih, sehingga pada malam harinya, si peminum Cinnabonnuit bisa mengalami tidur yang enak.

Setelah semuanya selesai menampilakan kreasi minuman kopinya, tibalah saatnya pengumuman pemenang. Awalnya saya merasa sedikit pesimis melihat performa teman-teman saya yang lebih baik. Namun, keberuntungan masih berpihak kepada saya. Saya mendapatkan Juara I dalam Mixology Competition ini. Sebagai Juara I, saya diberikan kesempatan yang luar biasa oleh PT. Langgeng Makmur Kencana (LMK) untuk mengikuti kursus kopi di School of Coffee yang berlokasi di Jakarta Pusat. Saya merasa senang sekali bisa mendapatkan kesempatan tersebut. Selain itu, saya juga mendapatkan piala, sertifikat, dan sejumlah uang tunai.

Sesi foto bersama perserta School of Coffee Batch 23, 1 Juni – 3 Juni 2016 Elvi Lydiana (baris pertama, keempat dari kiri)
Sesi foto bersama perserta School of Coffee
Batch 23, 1 Juni – 3 Juni 2016
Elvi Lydiana (baris pertama, keempat dari kiri)

Di akhir sesi, kami berfoto bersama para juri dan juga saling mengucapkan selamat kepada pemenang lain. Saya pulang dengan membawa kebahagiaan yang tidak terlukiskan.

Saya hanya ingin menyemangati para pembaca untuk turut berpartisipasi dalam lomba apapun karena kita tidak pernah tahu apa yang akan kita dapatkan dalam proses tersebut. Menang kalah memanglah penting, tetapi yang terpenting adalah kerja keras yang telah kita berikan dalam setiap proses. Percayalah bahwa kerja keras anda akan dihargai. Ambillah saya sebagai contoh, yang tidak memikirkan menang dan hanya ingin have fun through the process namun akhirnya saya bisa mendapatkan juara I dan kesempatan kursus kopi GRATIS! This is indeed, a grande victory.

Elvi Lidyana (1701289606)


Published at : Updated
Written By
Rachel Dyah Wiastuti
SCC General Tourism Hospitality & Core Subject | Binus University

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close