People Innovation Excellence
 

JENIS HOTEL DAN KONSEP UNIK HOTEL

Jenis Hotel Secara Internasional

Upscale luxury

Hotel jenis ini dilengkapi dengan fasilitas yang mewah karna berada di tingkat paling atas jenis hotel. Akomodasi layanan lengkap, restoran di dalam hotel, dan didukung dengan tingkat profesionalitas pada pelayanan. Hotel mewah biasanya diklasifikasikan dengan klasifikasi Empat Berlian atau Lima Berlian atau Empat atau Lima Peringkat bintang tergantung pada negara dan standar klasifikasi lokal.

Contoh: Waldorf Astoria, Four Seasons, Conrad, Fairmont, dan Ritz Carlton.

Full service

Full service hotel dilengkapi dengan fasilitas layanan yang lengkap dan kelas atas dengan volume besar akomodasi, restoran di dalam hotel, dan berbagai fasilitas seperti kolam renang, klub kesehatan, kegiatan anak-anak, ballroom, fasilitas di lokasi konferensi, dan fasilitas lainnya.

Contoh : InterContinental, Starwood – Westin, Hilton, Marriott, dan hotel Hyatt.

Historic Inns and Boutique

Penginapan bersejarah dan hotel butik. Hotel butik lebih kecil dan bersifat independen. Hotel ini menggunakan fasilitas kelas atas dan berbagai pengaturan yang unik dengan layanan akomodasi lengkap. Hotel jenis ini bisa diklasifikasikan sebagai luxury hotel.

Focus or selected service

Instansi hotel kecil dan menengah yang menawarkan fasilitas hotel secara terbatas dan melayani pasar demografis wisatawan secara tertentu seperti pelancong dan pembisnis tunggal. Sebagian besar selected hotel terfokus atau beberapa masih menyediakan akomodasi layanan secara lengkap tapi tanpa fasilitas kebugaran seperti tempat fitness dan kolam renang serta restoran.

Contoh : Courtyard by Marriott dan Hilton Garden Inn.

Economy and limited service

Hotel kecil kelas menengah yang menawarkan jumlah fasilitas yang sangat terbatas dan sering hanya menawarkan akomodasi secara mendasar. Hotel ini biasa dikenal dengan istilah budget hotel. Biasanya tidak memiliki restoran tetapi mereka menawarkan fasilitas sarapan / makan pagi. Terkadang mereka bekerja sama dengan beberapa restoran untuk sebagai pelengkap fasilitas. Contoh : Hampton Inn, Aloft, Holiday Inn Express, Fairfield Inn, Four Points by Sheraton, dan Days Inn.

Extended Stay

Hotel kelas menengah yang menawarkan akomodasi layanan lengkap jangka panjang dibandingkan hotel tradisional. Hotel ini menawarkan metode harga khusus seperti harga mingguan untuk memfasilitasi wisatawan yang membutuhkan akomodasi untuk jangka waktu tertentu. Contoh : Staybridge Suites & Holiday Inn, Residence Inn by Marriott, Element, dan Extended Stay Hotel.

Timeshare and destination clubs

Bentuk kepemilikan properti yang melibatkan pembelian dan kepemilikan unit akomodasi individu untuk penggunaan secara musiman selama periode waktu tertentu. Timeshare Resort sering menawarkan fasilitas serupa hotel full service seperti kolam renang, lapangan rekreasi dan fasilitas lainnya. Klub sebagai sampingan yang menawarkan akomodasi pribadi yang lebih eksklusif dibanding rumah-rumah pribadi dalam pengaturan lingkungan yang bergaya. Contoh merek timeshare termasuk Hilton Grand Vacations, Marriott Vacation Club Internasional, Westgate Resorts, Starwood Vacation Ownership, dan Disney Vacation Club.

Motel

Pendirian penginapan yang berukuran minimalis, mirip dengan hotel berlayanan terbatas. Motel biasanya terletak berdekatan dengan jalanan besar. Dibangun diatas tanah yang relatif murah di tepi kota atau sepanjang ruas jalan raya. Banyak motel yang sudah rebranding menjadi losmen dengan bergabung dengan rantai waralaba internasional.

Konsep Unik Perkembangan Hotel di Dunia

Treehouse Hotel

Beberapa hotel yang dibangun dengan pohon-pohon hidup sebagai elemen struktural, misalnya Treehotel dekat Piteå, Swedia, Kosta Rika Tree House di Gandoca-Manzanillo Wildlife Refuge, Kosta Rika; Hotel Treetops di Aberdare National Park, Kenya; Ariau Towers dekat Manaus, Brasil, Rio Negro di Amazon; dan Bayram Tree House di Olympos, Turkey.

Underwater Hotel

Beberapa hotel memiliki akomodasi dibawah air, seperti Utter Inn di Danau Mälaren, Swedia, Hydropolis Underwater Hotel di Dubai dan Jules ‘Undersea Lodge di Key Largo, Florida membutuhkan scuba diving untuk mengakses kamar nya. Hotel Hydropolis Dubai merupakan hotel dibawah air pertama, pada perencanaan awal dibuka pada tahun 2007 tetapi karna adanya permasalahan biaya jadwal ini mengalami kemunduran hinggal tahun 2009. Terletak 66 kaki di bawah permukaan Teluk Persia, lepas pantai Jumeira di Dubai. Dilengkapi dengan beton dan besi, dinding Plexiglas dan atap melengkungnya akan membuat tamu melihat ikan dan makhluk laut lainnya. Terbagi menjadi tiga bagian: stasiun darat, dimana tamu disambut kedatangannya, terowongan penghubung, yang akan mengangkut tamu menggunakan kereta menuju wilayah utama hotel dan 220 suite di komplek bawah laut. Luasnya mencapai 260 hektar, seluas Hyde Park di London, dan senilai £300 juta. Hotel ini dianggap sebagai hotel berbintang 10. Hotel ini dirancang oleh Joachim Hauser.

Railway Hotel

Perusahaan kereta api yang memperluas perusahaan mereka dengan membangun hotel besar di termini mereka, seperti Midland Hotel, Manchester sebelah mantan Central Station Manchester, dan di London di atas stasiun kereta api St Pancras dan stasiun kereta api Charing Cross. London juga memiliki Chiltern Court Hotel di atas stasiun tabung Baker Street dan  hotel besar kereta api Kanada. Pengguna hotel ini sebagian besar adalah wisatawan yang berpergian menggunakan kereta api.

Ice, Snow and Igloo Hotel

Igloo Village di Kakslauttanen, Hotel Es di Jukkasjärvi, Swedia adalah hotel es pertama di dunia yang dibangun pada tahun 1990, dan Hotel de Glace di Duschenay di Kanada yang mencair setiap musim semi dan dibangun kembali setiap musim dingin, Mammut Snow Hotel di Finlandia yang terletak dalam dinding-dinding benteng salju Kemi dan Lainio Snow Hotel yang merupakan bagian dari sebuah desa salju di dekat Ylläs, Finlandia.

Capsule Hotel

Hotel kapsul adalah jenis hotel ekonomis pertama kali diperkenalkan dan dikembangkan di Jepang. Hotel ini menyediakan ruang-ruang kamar yang sangat kecil dengan jumlah yang banyak dan dinamakan dengan kapsul. Hotel kapsul ini ditujukan untuk menyediakan akomodasi standar dan murah bagi pengunjung yang tidak memerlukan pelayanan seperti umumnya pada hotel-hotel konvensional untuk semalam saja. Hotel ini banyak digunakan oleh pekerja yang terlambat pulang karena lembur dan harus kembali bekerja di pagi hari berikutnya. Meskipun ada pula yang menyewa mingguan atau bulanan karena alasan ekonomi. Hotel kapsul yang pertama kali dibuka adalah Capsule Inn di Osaka. Hotel yang di desain oleh Kisho Kurokawa ini terletak di distrik Umeda, Osaka dan dibuka pada tahun 1979.

Cave Hotelcapsule hotelunderwater hotel

The Cuevas Pedro Antonio de Alarcón di Guadix, Spanyol, serta beberapa hotel di Cappadocia, Turki, dibangun dalam formasi gua alami. Beberapa dengan kamar bawah tanah. The Desert Cave Hotel di Coober Pedy, Australia Selatan dibangun dari sisa-sisa tambang opal.


Published at : Updated
Written By
Agung Gita Subakti, SST, MM
SCC Hotel Operation Services | Bina Nusantara University

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close