People Innovation Excellence

Training Program Sharing Session

Halo, teman-teman!

Sebelum memulai sesi sharing ini, saya akan memperkenalkan diri terlebih dahulu. Nama saya Olivia, Binusian 2016. Saya mengambil peminatan di bidang Culinary. Saya ingin menceritakan tentang pengalaman Training (magang) yang sudah dijalankan pada periode yang dulu. Training program dari Hotel Management Binus University dimulai pada saat saya memasuki semester 5&6 untuk mahasiswa yang mengambil peminatan di bidang culinary. Sedangkan mahasiswa Binusian 2016 yang mengambil peminatan HOS melakukan training pada semester 5&7. Jadi, mahasiswa culinary Binusian 2016 melakukan training program langsung dalam 1 tahun. Mahasiswa HOS  melakukan training di semester 5, lalu melanjutkan perkuliahan di kampus pada semester 6 dan melakukan training ke-2 di Semester 7.

Sedangkan di periode yang baru ini, mahasiswa HOS melakukan training di semester 5&7. Dan, mahasiswa CULINARY melakukan training pada semester 6&7. Pemilihan hotel dan interview akan dilakukan 1 semester sebelum training program dimulai.

Pertama, pemilihan hotel mana yang akan kalian pilih dapat bebas kalian tentukan sendiri. Kalian perlu mempersiapkan 3 nama hotel yang berbeda. Kenapa ? Karena untuk berjaga-jaga jika hotel pertama yang dipilih nantinya menolak kalian, kalian masih punya 2 nama hotel yang berbeda. Training coordinator ( dosen yang mengurus training ) adalah Miss Mia (HOS) & Miss Dee (CULINARY). Dosen akan memanggil nama kalian dan menanyakan 3 nama hotel yang sudah kalian pilih. Dosen juga berhak untuk menentukan kira-kira kalian dapat menyanggupi magang di hotel yang seperti apa, ini dilihat juga dari attitude & skill. Setelah data-data kalian terkumpul lengkap, kalian harus membuat dan mengumpulkan CV tepat waktu pada hari/tanggal yang telah ditetapkan.

Di semester 4 juga ada acara dimana orangtua dan mahasiswa WAJIB hadir. Acara tersebut adalah PTOP. PTOP (Pre- Training Orientation Program) adalah acara yang diselenggarakan oleh jurusan untuk membahas lebih mendalam tentang program magang yang akan dijalankan. Di acara ini, akan dibahas tentang dari pemilihan hotel, pengiriman CV, interview, dan hal-hal yang harus diperhatikan selama magang berlangsung. Juga ada sharing dari kakak kelas tentang pengalaman magang mereka.

Kedua, dosen akan mengirimkan CV kalian setelah data-data lengkap. Hotel yang akan menentukan jadwal interview lewat email ataupun ke jurusan. Bagi yang memilih hotel di Jakarta dan sekitarnya, kalian yang harus datang sendiri ke hotel tersebut. Dan, bagi yang memilih hotel di luar Jakarta dan sekitarnya interview akan dilakukan melalui SKYPE. Hotel juga yang menentukan lolos atau tidaknya kalian. Jika, walk in interview use daily uniform + blazer + nametag. Interview dari hotel rata-rata menggunakan bahasa Inggris. Jika, tidak lolos interview di hotel pertama, kalian harus komunikasikan ke dosen hotel pilihan kedua kalian. Jurusan akan membantu sebanyak 3x pengiriman CV dari kampus, selebihnya jika kalian ditolak sampai 3x kalian harus mencari tempat magang sendiri, kirim CV sendiri, dan follow up sendiri. Jadwal training biasanya akan diumumkan dari dosen melalui PIC kelas. Sebelum melakukan magang, dari tiap hotel akan mengadakan acara orientasi seperti perkenalan tentang hotel tersebut, kamar-kamar dan fasilitas apa saja yang disediakan di hotel, dll.

Banyak hal-hal yang akan diperhatikan ketika magang dimulai. Datang 15-30 menit sebelum jadwal  magang dimulai, karena untuk preparation memakai uniform,dll. jangan lupa untuk isi waktu kalian datang dan pulang. Data hadir kalian nanti akan digunakan sebagai hasil laporan magang. Jangan mengambil barang-barang milik hotel sekecil apapun itu (pulpen, sabun, shampoo, handuk, piring, sendok, makanan, garpu, pisau, sumpit) ketahuan pihak hotel kalian bisa dikeluarkan dari hotel tersebut alias magang kalian FAILED dan di BLOCK dari semua nama hotel yang sama dan hotel-hotel yang satu perusahaan dengan hotel tersebut dengan alasan apapun. Untuk izin sakit, hotel mengharuskan membawa surat dokter asli. Kalau tertangkap bohong, kalian pun juga bisa dikeluarkan dari hotel. Izin yang lainnya kalau ada keperluan mendadak kalian harus menghubungi ke hotel biasanya ke HRD dan Department Head. Biasanya di hotel di bagian kalian ditempatkan bisa saja kalian di rolling. Istilah rolling maksudnya kalian tetap di peminatan. Contoh culinary di kitchen, hanya saja tempatnya di rolling contoh ke dari hot kitchen ke cold kitchen, pastry, atau banquet.

Awal magang, karena saya di bagian hot kitchen. Pertama, saya dan teman-teman yang juga internship tidak boleh langsung memasak menu makanan. Hari pertama, perkenalan dulu, terus bantu-bantu motong bawang, motong sayur,mengupas kentang, beres-beres, bersih-bersih chiller, diberitahu letak-letak bahan makanan, dry store, chiller, freezer, butcher, tempat steward, jaga stand di depan (restaurant buffet), refill makanan, peraturan di kitchen, dll. Waktu istirahatnya kira-kira 1 jam, tergantung peraturan dari Department Head kalian masing-masing. Makanan disediakan dari hotel dan harus dimakan di dalam hotel tidak boleh dibawa pulang. Setelah kurang lebih sebulan baru saya dan teman-teman yang lain boleh pegang masakan yang ada di menu itupun tetap dibimbing oleh atasan. Sampai kalau benar-benar sudah menguasai, baru dilepas.

Setelah kurang lebih 3 bulan di tempat saya internship dahulu, ada acara dimana seluruh mahasiswa dan anak-anak SMK dari berbagai department dikumpulkan menjadi satu untuk sharing tentang bagaimana kendala atau kesulitan yang ada selagi kita internship. Dimanapun, kita internship pasti ada suka dan dukanya.

Nah, segitu dulu pengalaman internship saya. Semoga tulisan ini kiranya dapat membantu teman-teman untuk melakukan program internship nantinya. Terimakasih.

Olivian

Binusian 2016


Published at :
Written By
Maria Pia
IWPP Officer | Binus University

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close