Kopi tubruk yang mengeluarkan bunyi “Josss” ketika dimasukkan arang panas ini bisa ditemui hampir di setiap angkringan Yogyakarta. Arang itu sendiri punya fungsi mengurangi ampas kopi dan memperbaiki aroma. Bahkan kopi arang ini mulai diincar dunia karena keunikannya yang lain sebagai pengikat racun dan polutan. Kopi Jos sendiri dipercaya sudah ada sejak tahun  60-70an dan dikenalkan oleh peramu kopi bernama Pak Man. Sekarang ini kopi jos manjadi salah satu kuliner yang dicari-cari ketika berkunjung ke Yogyakarta

191540_kopi-joss-lek-man_663_382p1565497958-4Resep Kopi Jos Kopi Arang Khas Yogyakarta Asli Sederhana Spesial Enak Banget. Kopi Joss adalah kopi yang ditemukan pada abad ke-19 yang dipelopori oleh pedagang angkringan di daerah sekitar stasiun Tugu Yogyakarta yang kemudian populer dan mendunia pada awal abad 20.

Khasiat dan Manfaat dari kopi jos ini banyak peneliti yang mengakui kalau kadar kafeinnya dinilai rendah karena metode pembuatannya dinetralisir oleh arang. Arang yang dipanaskan pada suhu diatas 250° Celcius akan menjadi karbon aktif yang berguna mengikat polutan dan racun. Namun katanya, karbon yang teraktivasi dapat mengurangi ampas kopi, mengikat racun, dan memperbaiki aroma.