Pada hari Rabu, 02 Agustus 2023, jam 09.00-14.00 dilakasanakan Workshop tentang pembuatan Mozarela dan Feta chesse bertempat di Lab Kitchen Business Hotel Management.

Workshop ini diselenggarakan oleh Program Study Food Technologi Binus. Pada workshop ini peserta terdiri dari mahasiswa Business Hotel Management dan food technology angkatan 2025 dan 2026.  Pelatihan ini mengajarkan cara membuat keju dari susu kambing segar.

Acid yang akan digunakan harus ditimbang dan disesuaikan keju yang akan dibuat
Mengukur pH dari susu

Ada dua macam keju yang diajarkan, yang pertama adalah mozarela dan Feta.  Cara pembuatan adalah susu yang telah dibekukan, dipanaskan sampai seluruh susu mencair.  setelah itu susu diturunkan suhunya sampai kurang lebih 20 derajat, dan ditambahkan zat acid sampai pH yang diinginkan tercapai.  Dimana untuk mozarella pH harus mencapai 5,2 dan untuk Feta cheese pH nya adalah 4,2.  Setelah itu susu kembali dipanaskan sampai dengan mencapai suhu 32-37 derajat, setelah itu api dimatikan. Selanjutnya ditambahkan enzym Rennet, diaduk sebanyak tiga kali dan diamkan selama 15 menit.  Selanjutnya disaring, untuk memisahkan antara keju dengan whey.

Saat acid sudah dicampurkan kedalam susu, curd mulai terbentuk
Keju Mozarela yang sudah jadi