People Innovation Excellence

Cara Memilih dan Memasak Kerang

memasak kerang (hobingunyah.com)

Kerang adalah salah satu jenis seafood yang memiliki banyak kandungan gizi. Tapi, perhatikan cara memilih dan memasak kerang yang benar, agar kerang yang dimakan benar-benar memberi manfaat bagi tubuh.

Kerang merupakan salah satu makanan laut yang kaya akan protein, asam amino, asam lemak Omega 3 dan Omega 6, serta mineral besi dan selenium. Selain itu, kerang juga sumber vitamin B12 yang menjadi nutrisi penting bagi kardiovaskular. Tapi, di dalam laut, kerang termasuk hewan yang paling mudah menyerap berbagai polutan seperti merkuri, dan paling mudah menyerap berbagai bakteri seperti Salmonella. Itu sebabnya, meski makan kerang 1 – 3 kali sebulan dianjurkan bagi kesehatan, kita harus memperhatikan cara memilih dan memasak kerang, agar tubuh benar-benar mendapat manfaatnya serta terhindar dari bahayanya.

  • Saat membeli kerang di pasar atau supermarket, pastikan kita memilih kerang yang masih segar. Ciri-ciri kerang yang segar adalah: tidak berbau busuk, tidak mempunyai lendir, dan cangkangnya masih tertutup rapat (tidak terbuka). Atau, kalau kerang sudah dilepaskan dari cangkangnya, kerang harus terasa kenyal ketika dipegang.•    Bersihkan kerang dengan cara merendamnya dalam air garam. Asin dari garam akan membuat pori-pori pada kerang terbuka, sehingga kotoran yang ada pada kulit kerang akan keluar. Supaya benar-benar bersih, sikat lagi kulit kerang setelah dikeluarkan dari air rendaman.

    •    Bila tidak ingin segera memasaknya atau ingin memasaknya kembali di lain kesempatan, simpanlah kerang bersih dalam tempat atau toples yang tertutup dengan rapat, lalu taruh di dalam freezer. Kerang bisa disimpan sekitar 2 minggu sampai 1 bulan. Jangan pernah menyimpan kerang dengan cara meredamnya di dalam air, karena ini justru menyebabkan bau yang kurang enak atau busuk.

    •    Umumnya kerang dimasak dengan cara dikukus. Jika hendak mengukus kerang, cukup kukus selama 30 menit saja. Jangan kukus kerang terlalu lama, karena akan mengakibatkan kerang menjadi lembek dan racun yang ada pada kerang keluar.

    •    Selain mengukus, cara memasak kerang yang baik yaitu dengan memanggangnya. Tapi, supaya semua bakteri dalam kerang mati dan kerang matang secara merata, sebelum dipanggang sebaiknya kerang dikukus dulu. Setelah itu dikeluarkan dari cangkangnya, diberi bumbu sesuai selera, baru dipanggang.

    •    Cara lain yang biasanya dilakukan untuk memasak kerang adalah dengan merebusnya. Rebus kerang dalam air sedikit saja. Setelah masak, kerang akan membuka secara otomatis dan mengeluarkan sari yang membuat kuah kaldu menjadi lezat. Bila air yang dipakai merebus terlalu banyak, sari yang lezat ini tidak akan terasa dan kuah menjadi hambar. Agar kerang matang secara merata, segera keluarkan kerang dari rebusan setelah cangkangnya terbuka sempurna. Namun ada satu catatan: kerang yang dimasak dengan cara direbus akan kehilangan kandungan gizi yang cukup banyak. Sehingga memasak kerang dengan cara ini kurang dianjurkan.

 


Published at : Updated
Written By
Chef Trias
SCC (Culinary Art) | Binus University

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close