People Innovation Excellence

Membedakan Telur Segar dan Tidak Segar

memilih telur (jawaban.com)

 

Kadang sulit membedakan mana telur yang masih segar dan mana yang tidak. Namun, beberapa tips untuk membedakan telur segar dan tidak segar berikut ini bisa dicoba.

Telur akan memberikan banyak manfaat bagi tubuh dalam kondisi yang masih segar. Jika telur sudah tidak segar lagi, maka manfaatnya pun akan berkurang. Apalagi jika telur sudah busuk, manfaatnya menjadi tidak ada sama sekali, dan malah bisa menimbulkan penyakit. Lalu, bagaiman membedakan telur segar dan tidak segar?

Rendam dalam air.

Rendam telur dalam wadah berisi air dingin (suhu ruang). Bila telur yang masuk ke air terlihat dalam posisi tidur, maka tandanya telur tersebut masih segar. Tapi, jika telur posisinya miring, artinya telur tersebut telah disimpan kurang lebih selama 3 sampai 5 hari. Dan, kalau telur berdiri di dalam air, maka kemungkinan besar telur telah disimpan selama 10 hari atau lebih. Kalau telur mengambang? Itu tandanya telur tersebut sudah rusak atau busuk, dan tidak layak dikonsumsi lagi.

Sorot dengan senter atau lampu.

Bila disorot dengan senter atau lampu, telur berwarna terang dan jernih, itu artinya telur masih segar. Sebaliknya, kalau berwarna buram, maka tandanya telur sudah tidak segar lagi.

 

Pecahkan telur.

Pecahkan telur di atas piring dan amati kuning telurnya. Kalau kuning telur berbentuk bulat sempurna dan masih tegak, dengan albumin tebal melapisinya, berarti telur itu masih segar. Jika telur sedikit melorot dan albumin tampak transparan, berarti telur sudah lama disimpan, namun masih tetap bisa dikonsumsi. Nah, bila kuning telurnya sudah datar dan albumin tampak seencer air, berarti telur sudah tidak segar lagi, dan tidak baik dikonsumsi.

FOTO: BOLDSKY.COM

 


Published at : Updated
Written By
Chef Trias
SCC (Culinary Art) | Binus University
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close