People Innovation Excellence

Mengempukkan Daging

mengempukan daging (demaria.nl)

Memasak daging hingga empuk biasanya membutuhkan waktu yang cukup lama. Tapi, dengan beberapa tips menggempukkan daging, waktu untuk memasak bisa dipersingkat.

Suka hidangan berbahan dasar daging? Namun, selalu kesulitan dalam memasaknya, karena daging susah empuk? Tenang! Coba saja beberapa tips mengempukkan daging berikut, dijamin proses memasak hidangan berbahan dasar daging jadi lebih menyenangkan.

Perhatikan Cara Memotongnya

Kunci utama membuat daging cepat empuk saat dimasak terletak pada cara kita memotongnya. Potong-potonglah daging berlawanan arah dengan seratnya. Fungsinya adalah untuk menghambat bersatunya serat daging pada saat dimasak, sehingga daging bisa jadi lebih empuk.

Pukul-pukul

Cara mengempukkan daging dengan memukul-mukul daging lazim dilakukan. Dengan bantuan alat pemukul daging, pukul-pukul kedua sisi daging sampai teksturnya jadi lebih empuk. Jangan lupa memakai talenan sebagai alas, agar daging tidak bergeser saat dipukul. Dan, jangan juga terlalu kencang memukulnya, agar sari daging tidak keluar.

Bungkus dengan Daun Pepaya

Daging juga bisa diempukkan dengan cara membungkusnya pakai daun pepaya, selama kira-kira 30 menit, sebelum mulai dimasak. Kandungan zat papain dalam daun pepaya sejak dulu selalu berhasil mengempukkan daging.

Balur dengan Parutan Nanas

Selain daun pepaya, buah nanas yang masih muda juga bisa digunakan untuk mengempukkan daging. Caranya, parut nanas kemudian balurkan pada daging dan diamkan selama kurang-lebih 30 menit.

Olesi dengan Remasan Buah Kiwi

Ya, kiwi memang merupakan salah satu buah yang juga bisa mengempukkan daging. Kiwi mengandung enzim actinidin yang mampu membuat daging jadi cepat empuk. Caranya dengan meremas-remas dan mengoleskan buah kiwi yang sudah hancur ke potongan daging yang akan dimasak. Untuk 1 kg daging biasanya diperlukan 1 hingga 1 ½ butir kiwi, dan diamkan selama 1-2 jam sebelum dimasak.

Tutup dengan Kulit Pisang

Alternatif lain untuk mengempukkan daging adalah dengan memanfaatkan kulit pisang. Kandungan bahan aktif alami di dalam kulit pisang bisa membantu menguraikan protein dalam daging, sehingga daging bisa lebih cepat empuk. Untungnya lagi, selain mengempukkan daging, kulit pisang juga membuat daging yang diolah tidak kering dan tidak berubah cita rasanya.

Caranya ambil saja beberapa kulit pisang, lalu tutupkan pada daging dan diamkan selama 30 menit – 1 jam.

Menambahkan Segenggam Beras

Bila bahan-bahan untuk mengempukkan daging yang telah disebutkan di atas tidak ada, kita bisa memanfaatkan beras. Memasukkan segenggam beras pada air rebusan daging. Bila beras itu hancur bercampur dengan daging, berarti daging atau buntut sudah empuk.
FOTO: GREATHEALTHNATURALLY.CO.UK

 


Published at : Updated
Written By
Chef Trias
SCC (Culinary Art) | Binus University
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close