People Innovation Excellence

The influences of Indonesian Cuisine

Indonesia pada jaman dahulu merupakan tempat persinggahan yang sering dilalui oleh bangsa-bangsa lain untuk berjual beli rempah-rempah.  Hal ini banyak mempengaruhi masakan-masakan yang ada di Indonesia.  Bangsa-bangsa yang banyak mempengaruhi masakan Indonesia adalah Bangsa Belanda, karena Indonesia dijajah selama 350 tahun oleh Bangsa Belanda.  Adapun bangsa yang mempengaruhi masakan Indonesia adalah :

Bangsa Belanda, masakan yang dipengaruhi oleh bangsa Belanda dan menjadi terkenal sampai sekarang ini adalah Klapertart, Semur, Kue Cubit ( merupakan adaptasi dari Poffertjes), Lapis Legit, Perkedel, Selat Solo, Kroket, sup Brenebon dan Kaasstengels. (http://riaugreen.com/view/Dunia/11312/9-Makanan-Indonesia-Ini-Hasil-Akulturasi-Warisan-Zaman-Penjajahan-Belanda.html#.WKVb69J97cs). Selain itu penggunaan susu, keju dan margarine/butter juga merupakan pengaruh yang dibawa oleh bangsa Belanda.

Klapertart
Sumber: google/Bacaterus.com

Bangsa China, masakan seperti mie, bihun, kwetiau dan tumis-tumisan (stir fry) merupakan pengaruh dari bangsa Chinesse.

mie jawa
Sumber : google/cookpad

Bangsa Spanyol, pada abad 16 bangsa Spanyol membawa cabai ke tanah Indonesia.

Bangsa Portugis, setelah bangsa Spanyol membawa cabai pada abad ke 16, Pada saat Portugis masuk ke Indonesia, Bangsa Portugis memperkenalkan resep dan cara memasak, yang hasilnya bisa menjadi salah satu ciri khas dari masakan Indonesia. Selain memperkenalkan cara penggunaan cabai, bangsa Portugis juga memperkenalkan penggunaan kentang, umbi-umbian dan sagu.(https://food.idntimes.com/dining-guide/erwanto/makanan-indonesia-ternyata-dipengaruhi-budaya-asing-apa-saja/full).

sagu
Sumber : google/resepmemasak

Bangsa Timur Tengah dan Bangsa India, yang memperkenalkan cara penggunaan rempah yang banyak dalam suatu proses pemasakan adalah Bangsa India, sedangkan bangsa Timur Tengah memperkenalkan penggunaan dari santan, sehingga muncul masakan seperti gulai, dan kare.

Kare
Sumber : google/cook diary

Karena banyaknya pengaruh dari bangsa-bangsa yang pernah menjajah dan berdagang di Indonesia, menjadikan masakan Indonesia sangatlah beragam variasinya.  Karenanya kita sebagai bangsa Indonesia harus dapat melestarikan dan berusaha memperkenalkan masakan Indonesia di dunia Internasional.


Published at : Updated
Written By
Nurul.S.Lestari
SCC Culinary Art | Binus University

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close